BI & Bank of England 'Sharing' Isu Sistem Pembayaran & Pasar Keuangan

Bank Indonesia dan Bank Sentral Inggris (Bank of England/BoE) saling berbagi pandangan dan pengalaman terkait topik infrastruktur sistem pembayaran dan pasar keuangan. 
Hadijah Alaydrus | 13 Oktober 2018 20:20 WIB
Karyawan keluar dari gedung Bank Indonesia di Jakarta. - JIBI/Dedi Gunawan

Bisnis.com, NUSA DUA--Bank Indonesia dan Bank Sentral Inggris (Bank of England/BoE) saling berbagi pandangan dan pengalaman terkait topik infrastruktur sistem pembayaran dan pasar keuangan. 

Topik tersebut dibahas dalam pertemuan antara Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, dan Gubernur BoE, Mark Carney, hari ini (13/10) di Bali. 

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Agusman mengatakan kegiatan tukar pikiran antara kedua pemimpin bank sentral diharapkan dapat menghasilkan pemahaman yang mampu mendukung semakin membaiknya proses bisnis maupun kebijakan kedua lembaga.

"Pembahasan terkait sistem pembayaran mencakup area yang cukup luas, mulai dari ekonomi digital hingga pembayaran lintas perbatasan dan pembayaran retail domestik," kata Agusman dalam siaran pers, Minggu (13/10).

Salah satu yang menjadi perhatian kedua pihak adalah mengenai pembiayaan UMKM, yang antara lain dapat dilakukan melalui ekonomi digital. 

Sementara dari sisi pendalaman pasar keuangan, Bank Indonesia sangat tertarik mengetahui lebih lanjut mengenai penggunaan berbagai infrastruktur untuk mendukung pendalaman pasar keuangan di Indonesia.

Berbagai kegiatan pertukaran informasi dan pembelajaran yang terus dilakukan Bank Indonesia diharapkan dapat mendukung komitmen BI untuk menjaga stabilitas ekonomi sekaligus memberi pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Tag : bank indonesia, annual meetings IMF-World Bank
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top