Mantan Gubernur The Fed Dukung Kenaikan Suku Bunga Lebih Lanjut

Mantan Gubernur Federal Reserve Janet Yellen menyatakan dukungannya terhadap kenaikan suku bunga acuan lebih lanjut untuk menjaga laju pertumbuhan ekonomi tetap di jalurnya.
Aprianto Cahyo Nugroho | 31 Oktober 2018 07:17 WIB
/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Gubernur Federal Reserve Janet Yellen menyatakan dukungannya terhadap kenaikan suku bunga acuan lebih lanjut untuk menjaga laju pertumbuhan ekonomi tetap di jalurnya.

Yellen juga mengatakan bahwa kekhawatiran Presiden Donald Trump tentang kebijakan moneter AS dapat merusak kepercayaan di bank sentral.

"Sangat penting bahwa masyarakat memiliki kepercayaan pada The Fed," katanya pada Selasa di sebuah konferensi di Washington, seperti dikutip Bloomberg.

Yellen, yang sempat menjadi pertimbangan Trump untuk melanjutkan masa jabatannya di periode kedua sebelum menggantinya dengna Jerome Powell, mengatakan bahwa tepat bagi The Fed untuk menaikkan suku bunga lagi.

Yellen juga mengungkapkan kepercayaannya terhadap dalam penerus dan rekan-rekannya di bank sentral.

“Tidak ada yang tidak berkembang dan saya akan mengamati perkembangan dengan sangat hati-hati. Tetapi pada titik ini tampaknya beberapa peningkatan suku bunga akan diperlukan untuk menstabilkan pertumbuhan dengan kecepatan yang berkelanjutan,” ungkapnya.

Trump telah mengkritik the Fed karena menaikkan suku bunga di tengah rendahnya tingkat inflasi dan menyalahkannya atas kerugian pasar saham yang curam bulan ini.

Tag : janet yellen
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top