Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Nasabah berjalan di dekat mesin anjungan tunai mandiri, di Jakarta, Senin (18/9). - JIBI/Dwi Prasetya
Premium

Curhatan Bos BCA dan Konsolidasi Bank yang Setengah Hati

08 November 2019 | 13:35 WIB
Apabila bank besar mengambil bank kecil, dari sisi jaringan bank kecil sudah memiliki banyak kantor cabang. Namun, kantor cabang yang dimiliki kebanyakan berdekatan dengan bank besar, sehingga menjadi tidak efisien apabila diakuisisi dan digabung menjadi satu.

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah acara Indonesia Banking Expo 2019, Selasa (6/11/2019), yang membahas digitalisasi sebagai masa depan perbankan, menyeruak isu konsolidasi pada kesempatan tersebut.

Kala itu duduk sebagai panelis adalah Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, Direktur Utama BRI Sunarso, Presiden Direktur Bank Maybank Indonesia Taswin Zakaria, dan Deputi Komisioner Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan Boedi Armanto.

Dalam kesempatan itu, moderator pun melempar satu pertanyaan yang singkat dan sederhana, berapa jumlah bank yang tepat di Indonesia?

Dari seluruh panelis hanya Boedi yang sigap menjawab. Menurutnya, Indonesia hanya membutuhkan satu bank, yakni perbankan Indonesia yang prinsipnya memiliki kinerja efisien dan memberikan kontribusi cukup kuat pada perekonomian di Indonesia.

Selanjutnya, Jahja yang sebelumnya terlihat enggan menjawab, dan hanya melempar senyum, lantas memberi pandangan terkait dengan jumlah bank. Pernyataan Bos BCA itu cukup menohok meski dengan bahasa santun.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top