Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Aburizal Bakrie - Reuters
Premium

Historia Bisnis : Grup Bakrie dan Nasabah Bank Perdananya

25 November 2019 | 15:17 WIB
Aburizal Bakrie menyatakan jika pemerintah aktif menggerakkan roda pemerintahan melalui proses giralisasi termasuk melalui bank swasta, maka semakin kuat struktur perbankan untuk menjalankan tugas-tugas pembangunan.

Bisnis.com, JAKARTA — Banjir swasta mengimbau pemerintah agar meningkatkan proses giralisasi yang pada akhirnya diharapkan mampu menekan struktur biaya dana perbankan.

Sejak diberlakukannya Paket Oktober 1988, sejumlah pengusaha swasta di Indonesia terjun ke bisnis perbankan. Salah satu pengusaha yang tergugah mendirikan bank adalah Aburizal Bakrie, pengusaha yang dalam kariernya diknela sebagi politisi dan memimpin Partai Golkar serta duduk di pemerintahan sebagai menteri.

Berita mengenai operasional bank milik Aburizal Bakrie menjadi salah satu berita utama Harian Bisnis Indonesia edisi 25 November 1989 dengan judul Swasta Imbau untuk Tingkatkan Giralisasi.

"Bila giro dari departemen-deparyemen dan instansi pemerintah lainnya juga terbuka luas, maka kesempatan memperbaiki struktur dana terbuka pula bagi perbankan," ujar Aburizal Bakrie, Komisaris Utama Bank Nusa International.

Ical—nama panggilan akrab Aburizal Bakrie— lebih lanjut menuturkan bahwa kendati sejumlah bank baru bertambah dan cabang Bank tumbuh di mana-mana, namun struktur dana perbankan hingga saat ini masih cenderung mahal.

Ini terjadi karena peran giro masih amat kecil dibandingkan dengan tabungan, deposito berjangka, bahkan kredit likuiditas Bank Indonesia.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top