Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Petugas memberikan penjelasan kepada pengunjung di stan peserta IB Vaganza Expo Keuangan Syariah di Jakarta, Jumat (5/10/2018). - JIBI/Dwi Prasetya
Premium

Insyaallah Bank Syariah Terbang Tinggi Tahun Depan

02 Desember 2019 | 18:08 WIB
Ketika perbankan konvensional berhati-hati ekspansi pada 2020, perbankan syariah justru diproyeksi bertumbuh tinggi.

Bisnis.com, JAKARTA — Ketika perbankan konvensional berhati-hati menatap 2020, pelaku industri perbankan syariah justru meyakini kinerja tahun depan bakal cerah.

PT Bank BRI Syariah Tbk. misalnya, optimistis pembiayaan dan penghimpunan dana bakal tumbuh dobel digit pada 2020.

“Pembiayaan kami perkirakan tumbuh sekitar 15-18 persen secara year-on-year (yoy), dan DPK [Dana Pihak Ketiga] kami perkirakan tumbuh 10-15 persen,” ujar Sekretaris Perusahaan BRI Syariah Mulyatno Rahmanto kepada Bisnis, Jumat (29/11/2019).

Keyakinan ini muncul karena sejumlah alasan, salah satunya terbitnya Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) tentang Sinergi Perbankan dalam Satu Kepemilikan untuk Pengembangan Perbankan Syariah pada pekan lalu.

Melalui aturan ini, Bank Umum Syariah (BUS) dan bank umum konvensional yang bertindak sebagai induk usaha bisa saling bekerja sama menunjang operasional satu sama lain. Sebagai contoh, bank-bank syariah yang berasal dari bank konvensional akan diizinkan untuk memakai sejumlah fasilitas induk usahanya dalam menjalankan operasional.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top