Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Nasabah bertransaksi di banking hall Bank Permata, di Jakarta, Kamis (27/6/2019). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan
Premium

Kala Bank Permata di Dalam Dekapan Bangkok Bank

06 Januari 2020 | 20:34 WIB
Kemampuan Bangkok Bank dalam mendukung operasional Bank Permata tergolong kuat, meskipun kondisi usahanya terpantau melambat.

Bisnis.com, JAKARTA - Kesepakatan pelepasan saham PT Bank Permata Tbk. oleh PT Astra International Tbk. dan Standard Chartered Bank kepada Bangkok Bank Public Company Limited telah diteken. Realisasi pelepasan saham tinggal mendapat restu dari Otoritas Jasa Keuangan.

Namun, seberapa besar kemampuan pemegang saham pengendali (PSP) yang baru ini dalam mengelola Bank Permata. Pasalnya bank publik ini baru saja bangkit dari keterpurukan? Apalagi pada tahun ini masih menantang bagi industri perbankan.

Kondisi ekonomi yang diperkirakan masih lemah berpotensi memperlambat kinerja bank, sehingga membutuhkan dukungan modal serta tuntunan tata kelola yang baik dari para PSP.

Berdasarkan laporan publikasinya, Bank Bangkok memiliki kinerja yang moderat dalam 3 tahun terakhir. Bahkan, fungsi intermediasi bank asal Negeri Gajah Putih ini turun sehingga membuat percetakan laba bersih tumbuh melambat.

Pada kuartal ketiga 2019, baki kredit tercatat 2.001,44 miliar bath atau sekitar Rp900,64 triliun, turun dari periode sama tahun lalu 2.027,25 miliar bath.

Sementara itu, laba bersih setelah pajak pada kuartal ketiga tahun ini tercatat 27, 81 miliar baht, atau sekitar Rp12,5 triliun. Laba bersih ini naik 2,1% secara tahunan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top