Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pembicara Ilham Habibie dari Habibie Center tampil pada diskusi Perjamuan Ide Malam yang bertajuk "Tantangan Pembangunan di Indonesia di Era Teknologi, di auditorium Institut Perancis Indonesia (IFI) di Jakarta, Kamis (31/1/2019) malam. - ANTARA/Dodo Karundeng
Premium

Babak Akhir Penyehatan Muamalat, Ini Daftar Perusahaan Milik Ilham Habibie

05 Februari 2020 | 10:23 WIB
Niat Ilham Akbar Habibie mewujudkan wasiat Ayahanda B.J. Habibie untuk menyelamatkan Bank Muamalat akhirnya kesampaian setelah mendapat lampu hijau dari Otoritas Jasa keuangan.

Bisnis.com, JAKARTA — Ilham Akbar Habibie, putra sulung dari Presiden ke-3 Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie, dapat bernapas lega setelah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akhirnya memberi lampu hijau untuk menyelamatkan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk.

Niat mulia untuk melaksanakan wasiat dari Ayahanda, yang punya peran utama dalam pendirian Bank Muamalat saat melobi Presiden ke-2 Soeharto pasca Paket kebijakan 28 Oktober 1988 (Pakto 88), tampaknya bakal mulus.

Setelah menunggu lebih dari 2 tahun, Ilham Habibie tinggal selangkah lagi mengambil alih saham bank syariah tertua di Indonesia itu dengan menggandeng Al Falah Investments Pte. Ltd. melalui penawaran saham terbatas.

Beberapa kali, Ilham mencoba masuk dan gagal, diantaranya pada akhir 2017 melalui PT Minna Padi Investama Sekuritas Tbk. (PADI). Seiring dengan proses pencarian investor baru bagi Bank Muamalat, yang pada kuartal III/2019 hanya membukukan laba Rp7,3 miliar, Ilham Habibie ditunjuk sebagai Komisaris Utama bank syariah itu pada 28 Juni 2018.

Selanjutnya, pada September 2018, bos Grup Mayapada, taipan Dato Sri Tahir dikabarkan berniat menyelamatkan Muamalat dengan menggandeng konsorsium yang digawangi oleh Ilham Habibie. Konsorsium itu terdiri dari Bos Medco, Arifin Panigoro, Lynx Asia, dan SSG Capital Hong Kong. Lagi-lagi batal.

Berikutnya, pada April 2019, Ilham Habibie kembali muncul. Kali ini, dia menggandeng Al Falah Investments Pte. Ltd., perusahaan yang dimiliki dan didirikan bersama oleh Ilham Habibie dan CP5 Hold Co 2 Limited berdasarkan hukum Singapura dan berlokasi di Robinson Point, Singapura.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top