Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Premium

Tips Jitu Kelola Investasi Saham dan Reksa Dana Anda Jelang Lebaran

Menjelang Lebaran transaksi di pasar modal akan cenderung sepi. Apalagi, saat ini pergerakan pasar sangat sulit diperkirakan arahnya karena sentimen Covid-19. Namun demikian, masih ada peluang meraup untung dengan pengelolaan portofolio yang mumpuni.
M. Nurhadi Pratomo & Dhiany Nadya Utami
M. Nurhadi Pratomo & Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 13 Mei 2020  |  19:27 WIB
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis - Himawan L Nugraha
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Diversifikasi saham ke beberapa sektor menjadi kunci pengelolaan portofolio jelang Lebaran serta arah pasar yang masih sulit diprediksi di tengah penyebaran pandemi Covid-19.

Transaksi saham di pasar reguler, tunai, dan negosiasi tengah lesu sepanjang periode berjalan Mei 2020. Rerata transaksi yang terjadi dalam lima sesi perdagangan terakhir hanya Rp5,78 triliun.

Indeks harga saham gabungan (IHGS) masih bergerak fluktuatif. Sampai dengan sesi perdagangan Rabu (13/5/2020), indeks masih terkoreksi 27,7 persen secara year to date (ytd) ke level 4.554,36.

Head of Equity Trading MNC Sekuritas Medan Frankie Wijoyo Prasetio mengatakan memang menjelan Lebaran transaksi akan cenderung sepi. Apalagi, saat ini pergerakan pasar sangat sulit diperkirakan arahnya karena sentimen Covid-19 dan stimulus yang digelontorkan oleh bank sentral di seluruh dunia.

Di tengah kondisi itu, Frankie menyebut cara yang tepat untuk mengelola portofolio saham yakni dengan melakukan diversifikasi ke beberapa sektor dan emiten dengan fundamental yang baik.

“Jangan lupa juga investor harus menyiapkan cash di portfolio investasinya untuk dibelanjakan ketika market menawarkan diskon yang lebih besar untuk saham-saham tersebut,” jelasnya kepada Bisnis.com, Selasa (12/5/2020).

Anda sedang membaca konten premium.

Dapatkan informasi komprehensif untuk menavigasi bisnis Anda hanya dengan Rp50.000/bulan.
Berlangganan SekarangAtau Klik Di Sini untuk berlangganan Rp15.000/minggu
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top