Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Sekitar 40 buah bangkai mobil milik salah satu showroom mobil di Jl. Ciledug Raya, Tangerang, Jawa Barat, tergeletak di jalan, Jumat (15/5/1998) setelah dibakar massa pada Kamis (14/5/1998) malam. - Antara Foto/Hadiyanto.
Premium

Historia Bisnis: Bingung Perusahaan Asuransi Bayar Klaim dalam Krisis

27 Mei 2020 | 23:07 WIB
Perusahaan asuransi diminta membayar penuh klaim asuransi yang timbul meski ekonomi berada dalam krisis.

Bisnis.com, JAKARTA – Saat pemerintah mengumumkan pandemi virus corona, maka perusahaan asuransi berada dalam dilema. Status ini membuat nasabah tidak lagi dapat dilayani kecuali perusahaan membuat aturan tambahan. Langkah yang kemudian ditempuh perusahaan asuransi  itu untuk memastikan nasabah dapat dilindungi.

Sementara, dalam kasus lain, yakni kerusuhan massa yang terjadi di Jakarta dan sejumlah kota di Tanah Air pada pertengahan Mei 1998 juga menimbulkan dilema bagi sejumlah pelaku industri asuransi. Satu sisi kerusuhan dianggap tidak ditanggung namun lainnya menganggap sebagai kerusuhan kriminal biasa sehingga harus ditanggung.

Persoalan klaim asuransi akibat kerusuhan ini kemudian dibahas khusus oleh Presiden BJ Habibie dalam satu sidang kabinet. Para pelaku perusahaan asuransi pun saling klaim dan bersiap untuk menyelesaikan perbedaan dengan kondisi terburuk yakni melalui jalur arbitrase di pengadilan.

Bisnis Indonesia edisi 27 Mei 1998 mengangkat persoalan asuransi bagi korban kerusuhan ini dengan judul Asuransi Bingung soal klaim. Pasalnya kerusuhan massa yang melanda Jakarta dan sejumlah kota lain di Indonesia waktu itu meninggalkan masalah pelik tersendiri pada industri asuransi nasional.

 Pada saat industri asuransi nasional dihantam krisi moneter, klaim dari nasabah asuransi korban perusakan, pembakaran dan penjarahan massa terus mengalir ke perusahaan. Pertanyaannya, bersediakah perusahaan asuransi menanggung kerugian nasabah korban kerusuhan itu? 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top