Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Suasana tempat wisata di Bali yang masih sepi - Bloomberg / Putu Sayoga
Premium

Di Balik Indeks Keyakinan Konsumen (IKK), Antara Pesimistis & Optimistis

06 Juli 2020 | 14:53 WIB
Bank Indonesia merilis Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE) pada Juni turun hingga ke bawah 50. Tepatnya menjadi 45,8.

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia merilis Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Juni 2020 berada pada 83,38. Nilai ini membaik dari capaian Mei sebesar 77,8.

Meski IKK membaik, namun nilai ini masih di bawah 100. IKK di bawah 100 mencerminkan konsumen masih pesimis akan kondisi perekonomian.

“Keyakinan konsumen terpantau membaik pada seluruh kategori responden, baik menurut tingkat pengeluaran maupun kelompok usia. Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di 14 kota survei, dengan perbaikan tertinggi di kota Mataram, diikuti Jakarta dan Samarinda,” ulas Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko dalam keterangan tertulis, Senin (6/7/2020).

Onny menyebutkan peningkatan IKK menunjukkan menguatnya ekspektasi konsumen terhadap perkiraan kondisi ekonomi pada 6 bulan mendatang. Konsumen meyakini pandemi Covid-19 di Indonesia akan mereda. Indeks Ekspektasi Konsumen ini naik dari 104,9 menjadi 121,8.

Meski ekspektasi tinggi, responden menyebutkan kondisi perekonomian mereka semakin berat pada juni. Berdasarkan Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE), kondisi ekonomi para responden anjlok dari 50,7 pada Mei 2020 lalu, menjadi 45,8 Juni 2020 lalu.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top