Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Buai cuan dan dongeng dari Jouska ternyata mampu menarik pengikutnya di Instagram terjerumus pada keputusan investasi yang salah. (Bisnis - Arief Hermawan)
Premium

Terbuai Cuan dan Dongeng Salah Atur Harta Oleh Jouska

28 Juli 2020 | 21:10 WIB
Setiap hari, Jouska memberi dongeng salah atur kekayaan. Para pengikutnya kini seolah menjadi bagian dari dongeng tersebut.

Bisnis.com, JAKARTA— Kisah para pengikut akun Instagram Jouska yang berakhir menjadi klien dan merugi menjadi tragis. Bagaimana tidak, mereka dijejali dongeng salah atur kekayaan setiap hari dan ternyata menjadi bagian dari dongeng itu.

Belum lama ini, Satgas Waspada Investasi (SWI) resmi memberhentikan kegiatan Jouska dan perusahaan afiliasinya akibat gaduh para klien yang merugi. Tak hanya itu, saluran media sosial yang selama ini menjadi salah satu sarana menggaet klien juga ikut ditutup.

Padahal, biasanya cerita khas berupa nasib anak sandwich generation sebutan untuk anak yang harus membiayai keluarga, salah atur harta hingga kegamangan seputar masalah finansial selalu hadir.

Tak ada yang menyangka bahwa akun berisi edukasi tentang dunia investasi mulai dari saham hingga surat berharga negara (SBN) yang memiliki pengikut lebih dari 700.000 di Instagram harus undur diri. Tak ada yang sadar pula bahwa di balik dongeng yang begitu erat dengan kehidupan sehari-sehari ada modus operandi organisasi penjaja jasa yang tak mengantongi izin resmi sesuai bisnisnya.

Pasalnya, dari konten di Instagram itu, Jouska juga memasarkan produk konsultasi dengan perencana keuangannya hingga seminar bahkan sempat mendatangkan salah satu pebisnis asal Amerika Serikat, Gary Vaynerchuk. Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Luky Alfirman juga sempat menggandeng Jouska dan pencetusnya, Aakar Abyasa dalam sosialisasi instrumen obligasi negara ritel. 

Tentu ironis bila ternyata mereka yang terpapar informasi tentang keuangan dan investasi akhirnya menjadi bagian dari cerita itu sendiri. Mungkinkah perkara ini menjadi ujian literasi keuangan?

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top