Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Karyawan menunjukkan uang elektronik BNI. - Istimewa
Premium

75 TAHUN INDONESIA: Mengukur Kinerja BBNI Menuju Bank Internasional  

14 Agustus 2020 | 06:45 WIB
Dari 32 analis yang dihimpun Bloomberg, sebanyak 59,4 persen menyarankan beli untuk saham PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI). Berapa target harganya?

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah menempatkan harapan besar bagi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) untuk mewujudkan cita-cita baru menjadi bank source of international funding.

Harapan itu disampaikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir beberapa waktu lalu. Dia memberi ‘tantangan’ kepada BBNI yang telah memiliki rekam jejak cemerlang di perbankan internasional untuk semakin memperbesar peran ini.

“BBNI saya challenge, saya harap BBNI bisa menjadi source of international funding. Ini contoh saja, baru pemikiran saya,” katanya, beberapa waktu lalu.

Bukan tanpa alasan harapan besar disematkan Erick kepada bekas Bank Sentral tersebut. Pada semester I/2020 misalnya, penghimpunan pendanaan untuk bisnis internasional oleh BBNI telah mencapai Rp62 triliun, tertinggi di antara bank-bank BUMN.

Direktur Tresuri dan Internasional BNI Putrama Wahju Setyawan mengatakan sebagai bank BUMN yang memiliki jaringan internasional terluas, perseroan menjadi sumber pendanaan internasional bagi pengembangan bisnis perusahaan Indonesia di luar negeri yang pada akhirnya dapat mendongkrak pertumbuhan ekspor.

“Dalam 5 tahun terakhir, BBNI mencatatkan pertumbuhan international funding sebesar 27,7 persen per tahun (compounded annual growth rate/CAGR),” katanya belum lama ini.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top