Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Nasabah bertransaksi di Galeri Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Jakarta, Minggu (29/7/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat
Lihat Foto
Premium

Industri Tak Kompak, Pembobolan Rekening Perbankan Marak

Kurangnya kolaborasi di internal industri perbankan maupun lintas sektor menjadi celah yang dimanfaatkan para pelaku kejahatan keuangan. Apa yang harus dilakukan untuk mencegah aksi kriminal ini?
Ni Putu Eka Wiratmini, Akbar Evandio & Annisa Margrit
Ni Putu Eka Wiratmini, Akbar Evandio & Annisa Margrit - Bisnis.com
08 Oktober 2020 | 09:10 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – "Mereka tahu kita enggak kompak."

Pernyataan itu disampaikan oleh Executive Vice President Center of Digital PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) Wani Sabu dalam sebuah seminar daring yang digelar Perhimpunan Bank Umum Nasional (Perbanas), Rabu (7/10/2020). "Mereka" yang dimaksudnya adalah para penjahat yang melakukan penipuan transaksi keuangan, sedangkan "kita" merujuk pada perbankan.

Apa yang disampaikan Wani Sabu adalah para fraudster itu mengetahui kelemahan industri perbankan di Indonesia, yakni tidak adanya kekompakan dalam menangani kejahatan keuangan. Hal ini dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan yang melibatkan lebih dari satu bank.

Modusnya, kejahatan dilakukan dengan menguras rekening bank seseorang atau entitas tertentu di bank lain. Misalnya, penipuan yang membuat dana nasabah yang diparkir di BCA harus ditransfer ke bank lain.

Namun, ketika BCA ingin menangani kasus tersebut di bank lain, diperlukan sejumlah dokumen seperti surat pernyataan direksi hingga surat kepolisian. Padahal, pengurusan surat-surat ini memakan waktu lama sehingga saldo nasabah berisiko tidak selamat sebelum dokumen selesai.

Wani Sabu bercerita bank swasta terbesar di Indonesia itu pernah kecolongan karena pelaku kejahatannya menggunakan surat kuasa palsu. Dalam aksi itu, pelaku berusaha meyakinkan cabang BCA untuk memindahkan dana perusahaan tertentu ke rekening bank lain.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top