Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Bank Mandiri. - Dok. Pubex 2020
Premium

Historia Bisnis: Merger Bank BUMN, Harapan Digantung ke Mandiri

27 Oktober 2020 | 17:27 WIB
Bank BUMN hasil merger diharapkan menjadi pemain utama di industri keuangan Tanah Air. Bank papan atas di Indonesia disiapkan memiliki core bisnis berbeda.

Bisnis.com, JAKARTA - Proses merger PT Bank BRI Syariah, Bank BNI Syariah dan Bank Syariah Mandiri menjadi sejarah penggabungan skala besar bank dikuasai negara kedua setelah PT Bank Mandiri Tbk. (BMRI).

Penggabungan BRIS ini dimulai dengan menjalankan project management office integrasi dan peningkatan nilai bank syariah BUMN.

Sementara melihat ke belakang, proses merger Bank Mandiri sendiri juga dijalankan semenjak Oktober 1998. Jika BRIS ditunjuk sebagai penerima penggabungan, pembentukan BMRI justru dimulai dengan pembentukan entitas baru penerima penggabungan yakni Bank Mandiri sejak 2 Oktober 1998.

Bisnis Indonesia 27 Oktober 1998 melaporkan proses pembentukan salah satu bank terbesar dari sisi aset itu dalam tajuk 'Merger 4 Bank BUMN Ditempuh Dua Tahap."

Kala itu dua tahap besar dijalankan untuk merger empat bank BUMN menjadi Bank Mandiri. Sedangkan untuk aset bermasalah yang menumpuk disiapkan tiga opsi unit Assets Management Units (AMU).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top