Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Gedung AJB Bumiputera di kawasan elit Sudirman Jakarta. - Bisnis / Himawan L. Nugraha
Premium

Jalan Panjang Bumiputera untuk Bangkit, dari Calon Investor sampai Ancaman Pidana

29 Oktober 2020 | 15:26 WIB
Permasalahan internal yang merundung Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 belum kunjung berakhir. Kini, ada ancaman pidana yang membayangi perusahaan itu.

Bisnis.com, JAKARTA – Pekan depan bukan hanya menandai pekan yang baru, tetapi bulan baru. Artinya, batas waktu bagi Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 untuk melakukan pemilihan peserta Rapat Umum Anggota (RUA) makin mendekati akhir.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK), melalui surat bernomor S-34/D.05/2020 tertanggal 1 Oktober 2020, memerintahkan perusahaan asuransi itu untuk melakukan pemilihan peserta RUA dengan batas waktu November 2020. Surat bertajuk Perintah Tertulis itu disampaikan kepada Dewan Komisaris dan Direksi Bumiputera.

Hal ini terkait dengan akan berakhirnya masa tugas RUA, yang sebelumnya dikenal sebagai Badan Perwakilan Anggota (BPA), eksisting pada 26 Desember 2020.

Padahal, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 87 Tahun 2019 tentang Perusahaan Asuransi Berbentuk Usaha Bersama, tepatnya di Pasal 32, disebutkan bahwa pembentukan panitia pemilihan peserta RUA harus dilakukan 6 bulan sebelum masa kepesertaan itu habis. Artinya, seharusnya panitia sudah terbentuk pada Juni 2020.

Adapun RUA adalah perwakilan pemegang polis, sekaligus merupakan pengambil keputusan tertinggi dengan wewenang yang tidak dimiliki oleh direksi maupun jajaran komisaris, dalam batasan yang ditentukan aturan hukum terkait dan Anggaran Dasar (AD) Bumiputera. Wewenang tersebut mencakup pengangkatan dan penggantian direksi serta komisaris, penetapan gaji dan tunjangan, serta kebijakan umum dan AD.

Bumiputera pun akhirnya diberi waktu hingga November 2020 untuk menyelesaikan proses pemilihan ini.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top