Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Karyawan melayani nasabah di salah satu kantor cabang PT Bank Mega Tbk. (MEGA) di Jakarta, Selasa (2/7/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat
Premium

Incar 2 Bank, Seberapa Kuat Kemampuan Keuangan Mega Corpora?

08 November 2020 | 17:06 WIB
Mega Corpora, holding CT Corp di bisnis keuangan, tengah mengincar dua bank untuk diakuisisi. Aksi korporasi yang berlangsung di tengah pandemi Covid-19 ini memunculkan pertanyaan: seberapa kuat kemampuan konglomerasi Chairul Tanjung itu?

Bisnis.com, JAKARTA — Rencana aksi korporasi Mega Corpora agaknya pantas diapresiasi. Di tengah ketidakpastian ekonomi karena pandemi Covid-19, bagian dari gurita bisnis pengusaha Chairul Tanjung ini justru fokus pada konsolidasi perbankan.

Meski demikian, tantangan dalam pengembangan bisnis tetap perlu menjadi pertimbangan ke depan. Terlebih, kondisi keuangan konglomerasi tersebut belum dapat dipastikan sehat secara keseluruhan untuk mengelola seluruh lembaga keuangan yang ada di bawah naungannya sekarang. 

Sebagai informasi, Mega Corpora memiliki 12 anak usaha di lembaga jasa keuangan, yang mana 4 di antaranya adalah perbankan. Bank-bank tersebut yaitu PT Bank Mega Tbk. (MEGA), PT Bank Mega Syariah, PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo (Bank Sulut Go), dan PT Bank Sulawesi Tengah (Bank Sulteng).

Perusahaan ini berencana menambah dua bank lagi, yakni PT Bank Harda Internasional Tbk. (BBHI) dan PT Bank Pembangunan Daerah Bengkulu.

Jika melihat kinerja bank-bank tersebut tahun ini, pencapaiannya tampak positif. Bank Mega misalnya, masih tergolong agresif dalam menyalurkan kredit.

Berdasarkan laporan publikasi bulanan, penyaluran kredit masih tercatat positif 7,92 persen secara tahunan menjadi Rp49,57 triliun per Agustus 2020. Berkat fungsi intermediasi tersebut, laba bersih perseroan pun naik menjadi Rp1,58 triliun, dari realisasi periode yang sama tahun lalu yang senilai Rp1,21 triliun.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top