Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Gedung BRI - bri.co.id
Premium

Meski Caplok PNM & Pegadaian, Aset BRI Masih Kalah dengan Bank Mandiri?

13 November 2020 | 16:17 WIB
Aset dan laba BRI diproyeksikan semakin tebal dengan rencana akuisisi Pegadaian dan Penanaman Modal Madani. Namun, apakah aset BRI lebih besar dari Bank Mandiri pasca merger bank syariah BUMN?

Bisnis.com, JAKARTA -- Aset PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. diproyeksikan makin menebal seiring dengan rencana konsolidasi dengan PT Pegadaian (Persero) dan PT Penanaman Modal Madani (Persero) ke dalam konglomerasi bank pelat merah tersebut.

Saat ini aset BRI tercatat senilai Rp1.447,85 triliun per akhir September 2020. Nilai ini naik 10,9 persen secara tahunan dari Rp1.305,67 triliun.

Sementara, Pegadaian memiliki aset senilai Rp70,3 triliun per Agustus 2020 dan PNM senilai Rp24,82 triliun pada akhir September 2020.

Masuknya Pegadaian dan PNM ke dalam konglomerasi BRI akan sangat membantu pengembangan UMKM. Hanya saja, aset Bank BRI tetap tidak akan mampu menandingi PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. yang nantinya kelimpahan aset bank hasil mega merger syariah.

Sebagai perbandingan, per kuartal III/2020, Bank Mandiri mencatatkan aset konsolidasi senilai Rp1.406,66 triliun.

Dalam rencana merger 3 bank syariah, yaitu BRI Syariah, BNI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri, Bank Mandiri nantinya akan menjadi pemegang saham pengendali. Bank syariah hasil merger akan masuk menjadi anak usaha Bank Mandiri dan menambah aset konsolidasinya.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top