Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BI Paparkan 4 Kunci Penting Ciptakan SDM Keuangan Syariah Unggul

Hingga September 2020 total aset keuangan syariah, tidak termasuk saham, telah mencapai Rp1.710,16 triliun atau setara dengan US$114,64 miliar.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 29 Desember 2020  |  17:47 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (18/8 - 2020), Dok. Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (18/8 - 2020), Dok. Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan empat kunci yang harus dilakukan dalam mendorong sumber daya manusia (SDM) yang unggul di sektor ekonomi dan keuangan syariah.

Pertama, yaitu grand strategy ekonomi dan keuangan syariah harus sejalan dengan masterplan pengembangan ekonomi syariah, baik secara nasional yang disusun oleh Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) maupun dari lembaga-lembaga lainnya.

Dia memaparkan, dalam cetak biru atau blueprint pengembangan ekonomi dan keuangan syariah BI, pengembangan literasi dan edukasi merupakan salah satu dari tiga pilar pengembangan pengembangan tersebut.

Disebutkan, pilar pertama adalah keturutsertaan BI dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah, serta menciptakan halal value chain dalam sektor unggulan.

Pilar kedua yaitu pengembangan keuangan syariah, baik keuangan komersial melalui lembaga keuangan bank maupun keuangan sosial, seperti zakat dan wakaf, serta pilar ketiga yaittu edukasi, riset, dan literasi.

Kunci kedua, kata Perry, yaitu link and match, di mana BI mendorong edukasi dan literasi ekonomi dan keuangan syariah yang benar-benar terintegrasi dengan user.

“Kunci ketiga, cakupannya di dalam kami melakukan grand strategy untuk edukasi, kami lakukan riset di bidang ekonomi dan keuangan syariah, baik mengenai hukum islamnya dan penerapannya,” katanya, selasa (29/12/2020).

Dalam hal ini, Perry mengatakan kerja sama dengan lembaga riset, lembaga riset internasional, lembaga sertifikasi dan profesi, hingga asosiasi dan otoritas sangat diperlukan.

Kemudian, imbuhnya, pilar keempat yaitu dengan melakukan sinergi dan jemaah. Menurutnya, penting dilakukan sinergi oleh berbagai lembaga dalam mendorong SDM yang unggul di sektor ekonomi dan keuangan syariah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia perry warjiyo sumber daya manusia keuangan syariah
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top