Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Chairman, CEO, dan co-Founder Sea Ltd. Forrest Li (tengah) merayakan listing perusahaan tersebut di New York Stock Exchange (NYSE) di New York, AS, Jumat (20/10/2017). - Bloomberg/Michael Nagle
Premium

Kongsi Pemilik Shopee & Martua Sitorus Kuasai Bank BKE, Inikah Rencana Bisnisnya?

11 Januari 2021 | 17:08 WIB
Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE) digadang-gadang disulap menjadi bank digital oleh kongsi pemilik sahamnya, yang mencakup Sea Group dan miliarder Martua Sitorus. Bagaimana gambaran transformasinya ke depan?

Bisnis.com, JAKARTA – Demam bank digital melanda industri perbankan di Indonesia, meskipun beleid soal lembaga keuangan virtual itu masih digodok regulator. Korporasi raksasa dan para konglomerat pun berlomba-lomba membuat bank digital.

Tak hanya pengusaha lokal, konglomerasi dunia pun pengin mencecap margin dari bank digital. Terbaru adalah Sea Group, pemilik usaha belanja daring Shopee, yang diketahui telah menjadi pemegang saham pengendali PT Bank Kesejahteraan Ekonomi atau dikenal dengan Bank BKE.

Menurut informasi yang dihimpun Bisnis, Sea Group mengambil alih saham Bank BKE pada awal tahun lalu. Konglomerasi yang berbasis di Singapura itu membeli saham perusahaan milik pengusaha nasional, Setiawan Ichlas.

“Lewat Koin Investama, Sea Group membeli saham Danadipa [milik pengusaha Setiawan Ichlas] yang menjadi pengendali Bank BKE. Itu sudah Februari tahun lalu. Semua transaksi beres 2020,” ujar sumber Bisnis yang berada di lingkungan Bank BKE, Senin (11/1/2021).

Nama Setiawan Ichlas sempat mencuat karena tiba-tiba membeli saham PT Minna Padi Investama Sekuritas Tbk. (PADI) pada awal Agustus 2017. Dia membeli 13,27 persen saham PADI seharga Rp350 per saham.

Dengan modal Rp525 miliar, Setiawan Ichlas nyaris untung Rp1,5 triliun dalam sepekan karena harganya melonjak nyaris ke level Rp1.500 per saham.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top