Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Bantuan Likuiditas Bank Indonesia digunakan untuk menyelamatkan bank yang sakit. -  Dimas Ardian / Bloomberg
Premium

Historia Bisnis : Larangan Bank Indonesia (BI) Tekan Pasar Saham

26 Januari 2021 | 22:02 WIB
Bank Indonesia melarang perbankan belanja saham dalam pengelolaan likuiditasnya

Bisnis.com, JAKARTA - Langkah Bank Indonesia yang lebih ketat mengatur kepemilikan saham sebagai strategi pengelolaan aset oleh bank diyakini membawa dampak bagi pasar modal seiring pelepasan kepemilikan. 

Aturan dari Bank Indonesia ini berdampak bank dalam pengelolaan aktiva produktif hanya akan mengandalkan lewat surat berharga pasalnya beleid secara tegas melarang bank belanja saham atau yang dijamin dengan aset tertentu dalam bentuk saham.

Bank sentral hanya memperkenankan bank memiliki surat berharga yang dijamin oleh aset yang jelas. Surat berharga yang dimaksud adalah aset yang mendasarinya diyakini keberadaannya, bank harus memiliki informasi yang jelas, memiliki hak atas aset dan wajib menatausahakan rincian dan komposisi aset.

Keputusan Bank Indonesia melarang bank memiliki saham ini menjadi laporan Bisnis Indonesia edisi 26 Januari 2005. Dalam laporan itu disebutkan ketentuan pengetatan investasi saham merupakan salah satu poin dari aturan baru BI No. 7/2/PBI/2005 tentang Penilaian Kualitas Aktiva.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top