Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Logo Bank BUMN - Istimewa
Premium

Kinerja BRI, Mandiri, BNI, dan BTN. Siapa Paling Tahan 'Gigitan' Corona?

08 Februari 2021 | 13:52 WIB
Berdasarkan data yang dihimpun Bisnis, dari empat bank pelat merah hanya BTN yang mencatatkan pertumbuhan laba, sedangkan tiga lainnya membukukan kontraksi profit di tengah tekanan pandemi Covid-19.

Bisnis.com, JAKARTA - Bank-bank milik negara telah menyampaikan kinerja sepanjang tahun lalu. Dari empat bank BUMN, BRI, Bank Mandiri, dan BNI telah menyampaikan laporan secara resmi, sedangkan BTN mengumumkan realisasi laba 2020 saat rapat dengar pendapat bersama Komisi XI DPR pada Selasa (2/2/2021).

Berdasarkan data yang dihimpun Bisnis, dari empat bank pelat merah hanya BTN yang mencatatkan pertumbuhan laba, sedangkan tiga lainnya membukukan kontraksi profit di tengah tekanan pandemi Covid-19.

Sementara itu, kinerja fungsi intermediasi tampak masih baik ketimbang kinerja industri secara umum. Hanya Bank Mandiri yang mencatatkan kontraksi pada kinerja kredit. Namun, kinerja tersebut tetap lebih baik ketimbang industri perbankan nasional yang terkontraski hingga 2,4 persen.

Menanggapi kinerja bank-bank milik pemerintah sepanjang 2020, Senior Faculty LPPI Moch. Amin Nurdin mengatakan performa kinerja pada tahun lalu masih tergolong baik.

Penurunan kinerja laba masih sangat relevan dengan upaya restrukturisasi kredit yang diharapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Amin mengatakan potensi peningkatan kinerja bank milik pemerintah tahun ini pun lebih besar. Likuiditas longgar dan modal pun masih sangat kuat untuk mendanai ekspansi kredit dan mitigasi risiko tahun ini. Strategi pencadangan yang agresif tahun ini pun akan membantu akselerasi kinerja tahun ini.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top