Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pejalan kaki melintas di dekat logo PT Bank BTPN Tbk. di Jakarta, Selasa (16/10/2018). - JIBI/Dedi Gunawan
Premium

Antrean Baru Bank BUKU 4

02 Maret 2021 | 08:57 WIB
Bank-bank BUKU IV seluruhnya sudah mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA - Bank umum kelompok usaha (BUKU) 4 bersiap menyambut anggota baru seiring semakin dekatnya persyaratan modal yang ditetapkan otoritas. 

BUKU 4 adalah kelompok bank yang memiliki modal tier 1 di atas Rp30 triliun. Modal yang menunjukkan kemampuan menyerap risiko lebih besar dari aktivitas bisnis sekaligus memberi perlindungan kepada nasabah. 

Otoritas Jasa Keuangan sendiri masih melanjutkan ketentuan dari Bank Indonesia dengan membagi kelompok bank umum menjadi BUKU 1 (modal di bawah Rp1 triliun), BUKU 2 (modal inti Rp1-5 triliun), BUKU 3 (modal Rp5-30 triliun), dan kasta tertinggi BUKU 4.

Kelompok BUKU 4 ini memiliki kemudahan memiliki jaringan hingga ke luar negeri, membuka saluran bisnis baru dengan merekrut agen-agen perbankan dalam rangka Layanan Keuangan Digital (LKD) hingga ke pelosok Nusantara. 

Dari data yang dihimpun Bisnis menunjukkan setidaknya ada dua bank umum yang siap masuk kelompok BUKU IV pada tahun ini. Entitas itu adalah PT Bank OCBC NISP Tbk.(NISP) dan PT Bank BTPN Tbk. (BTPN). 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top