Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Financial Technology (Fintech) - channelasia
Premium

Mengintip Kinerja Fintech Milik Astra, Lippo, Sinar Mas dkk. Selama Pandemi

26 Mei 2021 | 20:11 WIB
Sejumlah perusahaan raksasa nasional, sejauh ini cukup gencar dalam memasuki bisnis fintech Tanah Air. Lalu bagaimana kinerja mereka selama pandemi Covid-19 melanda.

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa korporasi besar yang turut meramaikan industri teknologi finansial peer-to-peer (fintech P2P) lending, tampak terus memperbesar pangsa pasarnya walaupun menghadapi tantangan yang tak mudah saat pandemi Covid-19. 

Sekadar informasi, pasar fintech P2P lending Tanah Air sejauh ini telah diwarnai oleh beberapa perusahaan yang berasal dari konglomerasi besar sekaliber Grup Lippo, Astra, Mayapada, Triputra hingga Sinar Mas.

Pesatnya pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia menjadi salah satu alasan getolnya perusahaan raksasa Tanah Air untuk masuk ke bisnis tersebut.

Sinar Mas menjadi salah satu yang paling getol dan agresif memasuki bisnis fintech Tanah Air.

Melalui holding lembaga jasa keuangan miliknya PT Sinar Mas Multiartha Tbk. (SMAA), menjadi yang paling mencolok karena memiliki tiga penyelenggara fintech P2P sekaligus, yaitu Danamas, PinjamanGO, dan Finmas, yang semuanya telah berizin Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

PT Pasar Dana Pinjaman atau Danamas yang sahamnya dimiliki oleh SMAA sebesar 66,66 persen menjadi yang terbesar dalam memberikan penyaluran pembiayaan dibandingkan PinjamanGo dan Finmas. Danamas sejauh ini telah mencatatkan akumulasi penyaluran pinjaman sejak berdiri mencapai Rp3,72 triliun kepada 1,4 juta peminjam (borrower). 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top