Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Peluang usaha pergadaian. - Bisnis.com
Premium

Menjajal Peluang Menjalankan Perusahaan Gadai

07 Juni 2021 | 10:13 WIB
Usaha pergadaian dalam rezim Otoritas Jasa Keuangan mensyaratkan ekuitas relatif tidak terlalu besar yang dapat dijangkau investor kecil.

Bisnis.com, JAKARTA — Calon investor yang ingin menjalankan bisnis gadai diyakini memiliki peluang semakin besar di tengah penanganan pandemi Covid-19. 

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) merilis analisa bisnis gadai memiliki risiko rendah. Terutama besarnya perlindungan investor dari penjualan barang jaminan. Analisis ini mengacu kepada PT Pegadaian (persero).

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hingga April 2021, sejauh ini terdapat 100 entitas yang bergerak di bisnis pergadaian. Dari 100 entitas itu, PT Pegadaian (persero) mengelola aset hingga Rp71,09 triliun dari total aset di bisnis pergadaian yang mencapai Rp72 triliun. 

Pefindo mencatat, Pegadaian sebagai pemain terbesar misalnya memiliki strategi kuat dan mampu menjaga laba. Perseroan menempatkan emas sebagai objek jaminan terbesar. Produk yang membutuhkan ruang penyimpanan relatif lebih kecil namun nilai yang meningkat akibat kekhawatiran akan pandemi.

Analis Pefindo Handhayu Kusumowinahyu dan Putri Amanda mengulas risiko kerugian dari salah nilai taksir ketika penjualan barang jaminan relatif rendah karena harga emas terus meningkat sejak awal penyebaran Covid-19 pada 2020. Hal itu pun membuat bisnis gadai dapat terjaga dengan baik.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top