Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pipa Uang dolar AS. - Bisnis.com
Premium

Historia Bisnis: Sinyal Terang Pembubaran BPPN

11 Juni 2021 | 23:59 WIB
BPPN diberi tugas untuk menuntaskan penyelesaiaan aset dalam kasus BLBI. Meski persoalan belum selesai, pemerintah memutuskan memburkan lembaga ini dan mengalihkan fokus ke PPA.

Bisnis.com, JAKARTA - Peran Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) dalam menuntaskan kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia semakin terang. Lembaga ad hock itu diputuskan berakhir perannya. 

Sinyal terang pembubaran itu muncul dari Oversight Committee (OC) BPPN. Para begawan ekonomi dalam tim OC memutuskan untuk memberikan rekomendasi kepada pemerintah tidak memperpanjang masa kerja BPPN. Langkah yang dilakukan menghindari persepsi negatif atas pemulihan ekonomi.

Ketua OC BPPN Mar’ie Muhammad mengatakan perpanjangan masa kerja BPPN akan memberikan sinyal tidak baik kepada pasar. Perpanjangan hanya akan memberi kesan bahwa ekonomi Indonesia belum pulih.

“Perpanjangan itu seakan-akan kita belum selesai recovery. Kita masih lama. Itu dampak negatif yang lebih besar dari positifnya,” kata Marie seperti yang dilaporkan Bisnis Indonesia edisi 11 Juni 2003 dalam tajuk ‘OC: Masa kerja BPPN tak perlu diperpanjang.’

Menurut begawan ekonomi itu, pendapat OC atas penutupan BPPN itu belum final namun kecenderungannya akan memberikan rekomendasi untuk tidak memperpanjang. Dia mengatakan masa kerja BPPN sebaiknya disesuaikan dengan Letter of Intent (LoI) yang menyatakan berakhirnya lembaga itu akhir Februari 2003.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top