Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Usai Gaet Aladin (BANK), Inikah Bentuk Kongsi Alfamart dengan Bank Capital (BACA)?

Alfamart saat ini sedang menyelenggarakan program Tebak Nama Aplikasi dengan mencantumkan PT Capital Net Indonesia. Apakah ini menjadi bentuk kongsi Alfamart dengan Bank Capital (BACA)?
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 08 Juli 2021  |  15:23 WIB
Usai Gaet Aladin (BANK), Inikah Bentuk Kongsi Alfamart dengan Bank Capital (BACA)?
Logo PT Bank Capital Indonesia Tbk. (BACA) - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kolaborasi calon bank digital dengan ritel modern untuk menjangkau nasabah yang lebih luas, tampaknya akan semakin marak.

Kemarin, PT Bank Aladin Syariah Tbk. (BANK) melakukan seremoni penandatanganan kerja sama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (AMRT). Selain Alfamart, Bank Aladin juga menggandeng Halodoc untuk memperluas pasarnya.

Strategi serupa tampaknya juga ditempuh PT Bank Capital Indonesia Tbk. (BACA) yang membangun kolaborasi dengan Alfamart. Kolaborasi dilakukan melalui PT Capital Net Indonesia, perusahaan satu grup di bawah PT Capital Financial Indonesia Tbk.

Sebagai informasi, Capital Net Indonesia merupakan perusahaan yang terafiliasi dengan Bank Capital. Berdasarkan informasi dari situs resmi BACA, salah satu pemegang saham perseroan adalah PT Inigo Global Capital dengan porsi kepemilikan sebesar 14,71 persen. Selain itu ada pula PT Delta Indo Swakarsa dengan kepemilikan 13,96 persen.

Kemudian, dilansir dari laporan keuangan Capital Financial Indonesia per September 2020, disebutkan perusahaan melalui Inigo Global Capital dan Delta Indo Swakarsa, memiliki investasi saham pada Bank Capital dengan persentase kepemilikan sebesar 28,70 persen. Sementara, Capital Net Indonesia masuk ke dalam salah satu perusahaan dengan kepemilikan tidak langsung dari Capital Financial Indonesia

Rencana kolaborasi itu terungkap dalam program Tebak Nama Aplikasi Baru yang diselenggarakan Alfamart. Dalam keterangan syarat & ketentuan Tebak Nama Aplikasi, memuat nama PT Capital Net Indonesia.

"Dengan mengikuti layanan promo ini, Member mengakui bahwa Member telah membaca dan memahami syarat dan ketentuan ini dan menyetujui pengumpulan, penggunaan, pengolahan, penyimpanan, dan pengungkapan data pribadi kepada PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk., PT Global Loyalty Indonesia dan PT Capital Net Indonesia, untuk keperluan pemberitahuan dan/atau penawaran produk, layanan, promosi, hadiah, survei, dan acara kami," tulis dalam keterangan itu.

Tangkapan layar program Tebak Nama Aplikasi Alfamart yang memuat PT Capital Net Indonesia/Istimewa

Program Tebak Nama Aplikasi berlangsung mulai 1-31 Juli 2021. Program tersebut bisa diikuti melalui Alfagift, aplikasi milik Alfamart. Konsumen diminta menebak nama aplikasi baru yang akan segera meluncur. Namanya terdiri dari 5 huruf, di antara huruf yang sudah dibocorkan yakni huruf G dan O.

Bersamaan dengan itu, PT Capital Net Indonesia sedang menyiapkan peluncuran situs barunya dengan alamat website virgoku.id.

Situs virgoku.id dari PT Capital Net Indonesia/Istimewa

Saat dikonfirmasi, Direktur Corporate Affairs Alfamart Solihin mengatakan perseroan segera mengumumkan nama aplikasi baru sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. "Soal aplikasi nanti kita umumkan setelah selesai semua pengirim diterima," terangnya, Kamis (8/7/2021).

Soal nama PT Capital Net Indonesia yang tercantum dalam program tersebut, Solihin tidak spesifik menjawab apakah aplikasi baru tersebut merupakan hasil kerja sama dengan Bank Capital Indonesia.

Menurutnya, Alfamart membuka peluang kerja sama dengan entitas perbankan manapun, termasuk dengan Bank Capital. Buktinya, sebelum kerja sama dengan Bank Aladin yang diresmikan kemarin, Alfamart telah kerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. untuk layanan remitansi.

Dia mengatakan peluang kerja sama dengan bank lain tetap terbuka. Peluang kerja sama yang bisa digarap misalnya pembiayaan bagi para supplier Alfamart. "Kerja sama dengan siapa saja boleh, yang penting bermanfaat bagi konsumen dan mengikuti perkembangan," imbuhnya.

Sementara, berdasarkan penulusuran Bisnis, Virgoku sudah didaftarkan ke Direktorat Tata Kelola Aptika Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo). 

Adapun, Bank Capital memang sedang bersiap menjadi bank digital. Hal ini diungkap Deputi Direktur Basel dan Perbankan Internasional OJK Tony, dalam sebuah diskusi secara virtual pada 10 Juni 2021.

Tony mengungkapkan sejumlah bank yang dalam proses go digital yakni Bank BCA Digital, PT BRI Agroniaga Tbk., PT Bank Neo Commerce Tbk., PT Bank Capital Tbk., PT Bank Harda Internasional Tbk., PT Bank QNB Indonesia Tbk., dan PT KEB HanaBank.

Sebelumnya, Bisnis juga mendapatkan informasi bahwa Bank Capital dan Bank Aladin akan berada di bawah satu holding yang sama, bernama Aladin Technologies.

Dalam lembaran data Ditjen Administrasi Hukum Umum (AHU), Kementerian Hukum dan HAM, tertera nama Aladin Technologies yang disahkan pada 2 Maret 2021 dengan nomor AHU-0013045.AH.01.02.Tahun 2021 dan beraktivitas sebagai perusahaan holding di sektor jasa keuangan, asuransi, dan dana pensiun.

Bisnis sebelumnya telah mencoba mengonfirmasi ke Direktur Utama Bank Capital Wahyu Aji. Namun, dia tidak merespons pesan yang dikirimkan. Pun dengan Harianto Gunawan sebagai CEO Aladin Technologies.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

alfamart sumber alfaria trijaya bank capital indonesia Bank Digital bank aladin syariah
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top