Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Peluncuran nama dan logo PT KB Bukopin Tbk. (BBKP), Rabu (10/3/2021). - Istimewa
Lihat Foto
Premium

Annyeonghi Gaseyo Bosowa, Setelah Penetapan OJK Terbit untuk Bukopin (BBKP)

OJK menetapkan Bosowa tidak dapat menggenggam saham Bank Bukopin.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com
06 September 2021 | 14:33 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Aksi penjualan saham yang dimiliki oleh Bosowa Corporindo atas PT Bank KB Bukopin Tbk. (BBKP) di lantai bursa setidaknya terjadi dalam 2 bulan terakhir. Langkah yang menjadi penanda akhir kelompok ini dalam bisnis perbankan. 

Terlihat dalam data kepemilikan saham di atas 5 persen, Kelompok Bosowa yang didirikan oleh Aksa Mahmud, salah satu orang terkaya dari Indonesia Timur itu, perlahan terus menyusut. Jutaan lembar saham Bank KB Bukopin yang mereka kuasai dilepas hampir setiap hari ke lantai bursa semenjak Maret 2021. Penjualan semakin masif terhitung Juli 2021 lalu. 

Setidaknya dalam dua bulan terakhir jumlah saham yang dilepas ke pasar modal terpantau dalam rentang yang lebar, mulai dari 1,5 juta lembar hingga 331 juta lembar. Tidak menentu siap hari, namun jumlah cukup banyak itu membuat harga saham BBKP fluktuatif. Mulai dari Rp396 per lembar hingga Rp660 per lembar dalam tiga bulan terakhir. Sementara, saat berita ini diturunkan, jeda sesi I perdagangan Senin (6/9/2021), harga saham BBKP berada pada level Rp476.

Ditarik ke belakang, awal mula susutnya kepemilikan Bosowa di Bukopin mula-mula disebabkan perusahaan melakukan aksi korporasi tambah modal dengan mekanisme right issue. Sehingga setelah PUT V digelar pada 2020 lalu, Bosowa yang mulanya memiliki 30 persen saham Bukopin turun kelas dari pengendali menjadi pemegang saham terbesar kedua dengan kepemilikan 23,4 persen. Penguasaan ini kemudian kembali turun seiring private placement yang dieksekusi bank dari Korea Selatan, KB Kookmin. Saham Bosowa di Bukopin susut menjadi 11,68 persen akibat efek dilusi. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top