Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Konsumen melakukan transaksi pembayaran menggunakan aplikasi uang elektronik BJB DigiCash di usaha kuliner dan kopi Warung Pinus, Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Jumat (4/12/2020). - ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Lihat Foto
Premium

Bank Digital : Antara Perlindungan Data Konsumen dan Perluasan Ekosistem

Kehadiran ekosistem yang luas menjadi penting bagi bank digital, karena memberikan dukungan data dan rekam jejak nasabah. Bagaimana perlindungan data nasabahnya?
Dionisio Damara & Annisa M.
Dionisio Damara & Annisa M. - Bisnis.com
07 September 2021 | 15:46 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Kasus phising maupun fraud terhadap nasabah bank di Indonesia masih terus terjadi, di tengah ramainya persaingan bank digital. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun menyatakan akan merilis panduan siber terkait hal ini.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana menuturkan bahwa dalam transformasi digital di industri perbankan, pihaknya akan memberikan panduan dari kepada bankir supaya data nasabah dapat dikelola dengan baik.

“Paling lambat dalam 2 bulan, kami akan memberikan panduan dan bagaimana kita mengaturnya, sehingga nasabah merasa aman dan secure melakukan transaksi yang aman dan dengan tata kelola yang baik,” terangnya dalam seminar daring Bisnis Indonesia Banking Outlook 2021, Selasa (7/9/2021).

Heru menilai bahwa selama masa pandemi Covid-19, aktivitas virtual makin bergeliat. Apalagi, perubahan pola kerja dari work from office (WFO) ke work from home (WFH) menjadikan data-data sektor keuangan lebih terbuka dalam risiko serangan siber.

Pandemi juga telah mengubah pola transaksi nasabah, yang kian mengarah ke digital ekonomi. Ini sejalan dengan sejumlah data yang menunjukkan aktivitas jual beli secara daring melesat signifikan.

Bank Indonesia (BI) mencatat bahwa transaksi ekonomi dan keuangan digital terus tumbuh sejalan dengan meningkatnya ekspektasi dan preferensi masyarakat untuk berbelanja daring, perluasan pembayaran digital, dan akselerasi digital banking.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top