Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Petugas melayani nasabah di salah satu cabang WOM Finance di Cileungsi, Kabupaten Bogor, Senin (7/9/2020). Bisnis - Abdurachman
Lihat Foto
Premium

Historia Bisnis: BNII Kepincut WOM Finance, Siapkan Akusisi

WOM Finance merupakan perusahaan pembiayaan terbesar ketiga di Tanah Air sehingga menawarkan sinergi dengan BNII.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com
23 September 2021 | 23:23 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Margin bunga yang sangat tebal pada industri pembiayaan membuat perbankan kepincut untuk turut serta. Sebagai perbandingan, jumlah plafond kredit yang sama untuk kredit dari perbankan dibandingkan dengan kredit kendaraan bermotor, selisih bunga bersih yang diterima sangat jauh berbeda. NIM kredit kendaraan seperti roda dua yang diterima institusi keuangan bahkan bisa dobel digit.

Atas potensi pendapatan bunga tebal ini, bank dengan serius masuk ke segmen ini. Termasuk melakukan akuisisi atas perusahaan yang sudah eksis di dalam industri pembiayaan. Salah satu yang serius memasuki bisnis pembiayaan adalah PT Bank Internasional Indonesia Tbk. (BNII).  

Bisnis Indonesia edisi 23 September 2004 menurunkan rencana aksi korporasi itu dalam tajuk 'BII kaji akuisisi WOM Finance'. 

Disebutkan dalam edisi 17 tahun lalu itu, akuisisi perusahaan pembiayaan sepeda motor ketiga terbesar di Indonesia itu sebagai upaya mengembangkan pasar consumer banking.

“BII memerlukan percepatan pertumbuhan consumer banking. Salah satu alternatif yang dikaji adalah melakukan akuisisi atas PT Wahana Ottomitra Multiartha [WOM Finance],” jelas sumber Bisnis. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top