Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Badan Pemeriksa Keuangan meminta BPJS Ketenagakerjaan melakukan cut loss atas investasinya.
Lihat Foto
Premium

Dilema Investasi BPJS Ketenagakerjaan & Tafsir Baru Jaminan Sosial dari MK

Mahkamah Konstitusi memutuskan Asabri dan Taspen yang menyelenggarakan jaminan sosial bagi ASN tidak harus melebur ke BPJS Ketenagakerjaan yang saat ini melayani pekerja swasta.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com
05 Oktober 2021 | 10:02 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -  Peta jaminan sosial nasional berubah total setelah Mahkamah Konstitusi mengeluarkan tafsir baru pekan lalu. Mahkamah tertinggi penerjemah Undang-undang agar selaras dengan Undang-undang Dasar 1945 itu menilai tidak perlu badan tunggal menyelenggarakan jaminan sosial. Pelaksanaan dapat dilakukan oleh beberapa badan dengan nama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). 

Putusan itu membawa perubahan signifikan, dalam ancang-ancang Undang-undang tentang BPJS, penyelenggaraan dilakukan oleh satu badan tunggal yakni BPJS Ketenagakerjaan. Atas perintah undang-undang itu, PT Taspen (persero) dan PT Asabri (persero) harus melebur paling lambat pada 2029 mendatang. 

Dengan putusan baru ini, maka peleburan tidak lagi menjadi keharusan. Pemerintah dapat mengubah nama Taspen dan Asabri menjadi BPJS. Akan tetapi, tanpa peleburan maka persoalan baru akan membayangi. BPJS Ketenagakerjaan akan defisit lebih cepat karena kecilnya iuran yang telah ditetapkan pemerintah saat ini yakni total 5,7 persen dari upah. 

Persoalan yang hanya dapat ditutupi dengan kenaikan iuran ataupun keberhasilan manajemen meningkatkan imbal hasil.

 

Sekjen Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI) Timboel Siregar meminta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Ketenagakerjaan meningkatkan alokasi pengelolaan dana pada instrumen saham dan reksadana. Timboel beralasan imbal hasil dari dua instrumen itu relatif lebih tinggi dibandingkan surat beharga negara (SBN) dan deposito. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top