Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRI Tingkatkan Rasio Kredit UMKM hingga 85 Persen pada 2025

Peningkatan rasio kredit UMKM itu akan dilakukan perbankan dengan menerapkan dua strategi utama.
Pelaku UMKM kian aktif menggunakan  internet untuk menjajakan produk./istimewa
Pelaku UMKM kian aktif menggunakan internet untuk menjajakan produk./istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. akan meningkatkan pembiayaan kepada usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM hingga 85 persen dari total kredit perseroan dalam empat tahun ke depan.

Sekretaris Perusahaan Bank BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan sampai akhir September 2021 proporsi kredit UMKM perseroan mencapai 82,67 persen dari keseluruhan kredit BRI.

“Porsi ini akan terus kita tingkatkan hingga mencapai 85 persen pada tahun 2025. Angka ini jauh diatas kewajiban pemenuhan RPIM [Rasio Pembiayaan Inklusif Makroprudensial] yang dipatok BI sebesar 30 persen pada tahun 2024,” ujarnya kepada Bisnis, Kamis (11/11/2021).

Pada tahun ini, Bank Indonesia (BI) menerbitkan Peraturan Bank Indonesia No. 23/13/PBI/2021 tentang Rasio Pembiayaan Inklusif Makroprudensial bagi Bank Umum Konvensional, Bank Umum Syariah, dan Unit Usaha Syariah.

RPIM merupakan rasio yang menggambarkan porsi pembiayaan inklusif bank yang pemenuhannya dilakukan secara bertahap hingga 30 persen sampai akhir Juni 2024.

Untuk meningkatkan porsi pembiayaan ke UMKM, Aestika menyatakan bahwa BRI memiliki dua strategi utama. Pertama, menaikkan kelas pelaku UMKM di Indonesia, dari mikro menjadi kecil dan kecil menjadi menengah. Keduaperseroan mencari sumber pertumbuhan baru guna menyalurkan pinjaman ke segmen ultra mikro.

Dia menyatakan bahwa Bank BRI memiliki strategi go smaller (pinjaman lebih kecil), go shorter (dengan tenor yang pendek), dan go faster (melalui proses digitalisasi), sehingga mampu mempercepat proses kredit.

Pembentukan ekosistem ultra mikro bersama PNM dan Pegadaian ke depan akan memberikan akses layanan keuangan yang lebih luas pada segmen yang belum tersentuh. Hal ini akan menciptakan sumber pertumbuhan baru bagi BRI sehingga sustainability,” ujarnya.

Menurutnya, pembentukan ekosistem ultramikro dengan menggandeng Permodalan Nasional Madani (PNM) dan Pegadaian digadang-gadang kian memperluas akses layanan keuangan pada segmen yang belum tersentuh.

“Hal ini akan menciptakan sumber pertumbuhan baru bagi BRI sehingga sustainability pertumbuhan segmen UMKM di BRI sebagai core competence kami terus terjaga,” kata Aestika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper