Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pekerja membersihkan logo milik PT Asuransi Jiwasraya (Persero) di Jakarta, Rabu (31/7/2019). Bisnis - Abdullah Azzam
Lihat Foto
Premium

Jalan Asuransi Jiwasraya Menuju Hampa

Peralihan polis dalam restrukturisasi dari Asuransi Jiwasraya ke IFG Life hampir rampung seluruhnya. Bagaimana rencana Menteri BUMN Erick Thohir atas nasib salah satu perusahaan asuransi tertua di Indonesia ini ke depannya?
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com
23 Desember 2021 | 13:31 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Jalan panjang Jiwasraya sebagai perusahaan asuransi sudah diujung tubir dan menuju kehampaan alias likuidasi. Memulai dengan nama Nederlandsch Indiesche Levensverzekering en Liffrente Maatschappij (NILLMIJ) van pada 1859 melalui akta notaris No. 185 di hadapan William Hendry Herklots, pemerintah sebagai pemegang saham terakhirnya akan mengembalikan izin bisnis asuransinya kepada Otoritas Jasa Keuangan beberapa waktu ke depan. 

Dalam sejarah panjangnya sebelum Republik Indonesia berdiri, Jiwasraya merupakan salah satu perusahaan Belanda yang dinasionalisasi. Perubahan rezim kekuasaan dalam pemerintahan turut membawa perubahan di dalam Jiwasraya. 

Setelah nasionalisasi, nama NILLMIJ menjadi PT Perusahaan Pertanggungan Djiwa Sedjahtera melalui PP No. 23/1958. Aturan ini kemudian berubah seiring merger besar-besaran 9 perusahaan asuransi Belanda di Tanah Air ke dalam Djiwa Sedjahtera. Dalam PP No. 214/1961, perusahaan ini kemudian bernama Perusahaan Negara Asuransi Djiwa Eka Sedjahtera.

Bertahan 4 tahun, pemerintah baru pada 1965 kembali mengubah nama perusahaan menjadi Perusahaan Negara Asuransi Djiwa Djasa Sedjahtera. Satu tahun kemudian, perusahaan baru didirikan dengan nama Perusahaan negara Asuransi Djiwa Sedjahtera dengan memindahkan kekayaan Djasa Sedjahtera.

Baru pada 1984 melalui Tambahan Berita Negara Nomor 67 tanggal 21 Agustus 1984 nama PT Asuransi Jiwasraya (persero) lahir.  

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top