Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Ilustrasi pinjaman online. Bisnis - Fanny Kusumawardhani
Lihat Foto
Premium

Akankah Dominasi Fintech di Sektor Startup Berlanjut Tahun Ini?

Minat investor dan pendanaan ke perusahaan sektor finansial teknologi atau fintech terbilang mendominasi pada tahun lalu. Akankan tren serupa akan berlanjut pada tahun ini?
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com
11 Januari 2022 | 17:40 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Putaran pendanaan atau investasi untuk industri perusahaan rintisan (startup) pascapandemi di Indonesia menunjukan tren positif. Perusahaan sektor finansial teknologi atau fintech dinilai berpeluang besar untuk melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) seiring dengan karpet merah untuk startup yang ingin go public.

Kondisi tersebut tercermin dalam laporan Fintech Report 2021 The Convergence of (Digital) Financial Services yang menyebutkan, pada kuartal III/2021, terdapat 68 pendanaan ke startup Indonesia dengan total nilai mencapai US$974 juta atau lebih dari Rp13,8 triliun. 

Dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, nilai dan jumlah transaksi tersebut mengalami peningkatan signifikan. Pada kuartal I/2021, total pendanaan mencapai US$554 juta dengan jumlah 40 transaksi, sedangkan pada kuartal II/2021 jumlah transaksi mencapai 47 dengan nilai US$750.

Apalagi, pada kuartal III/2021, industri startup Indonesia memiliki unikorn baru, antara lain Kredivo, Xendit, Blibli, dan Tiket.com.

Berdasarkan laporan tersebut, pendanaan Seri B menjadi nilai transaksi yang tertinggi dengan nilai US$268 juta untuk 12 transaksi.

Adapun, sektor fintech menjadi segmen terpopuler untuk pendanaan tahun ini misalnya subsektor perkreditan dan paylater sebagai penerima. Total dana yang diterima sektor fintech pada kuartal III/2021 mencapai US$425 juta untuk transaksi.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top