Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Laju Asuransi Syariah dan Pesan Wakil Presiden Ma'ruf Amin
Lihat Foto
Premium

Laju Asuransi Syariah dan Pesan Wakil Presiden Ma'ruf Amin

Di balik kinerja yang gemilang pada awal tahun ini, industri asuransi syariah masih menghadapi sejumlah tantangan, seperti rendahnya literasi dan ketersediaan SDM ahli yang masuk ke dalam industri asuransi syariah.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com
20 April 2022 | 08:45 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Asuransi syariah membukukan kinerja cemerlang pada awal tahun ini. Kendati demikian pekerjaan rumah  besar menanti, karena pangsa pasar produk pengendali risiko berlabel halal ini masih terbilang kecil. 

Mengutip data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pertumbuhan kontribusi asuransi syariah pada awal tahun ini masih melaju dengan angka pertumbuhan mencapai 22,2 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sampai dengan Februari 2022, industri asuransi syariah membukukan kontribusi bruto senilai Rp4,34 triliun atau tumbuh 22,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp3,55 triliun. Pertumbuhan ini melanjutkan kinerja positif kontribusi bruto sepanjang 2021 yang tercatat tumbuh 36,54 persen yoy menjadi Rp23,69 triliun.

Perolehan kontribusi bruto sepanjang 2 bulan pertama tahun ini utamanya ditopang oleh asuransi jiwa syariah yang mencapai Rp3,62 triliun atau tumbuh 17,53 persen yoy. Angka ini menyumbang sebesar 83,41 persen terhadap total perolehan kontribusi bruto industri asuransi syariah.

Sementara itu kontribusi bruto asuransi umum syariah sampai dengan Februari 2021 tercatat mencapai Rp490 miliar atau mengalami kenaikan 52,65 persen yoy dan kontribusi bruto reasuransi syariah mencapai Rp226 miliar atau naik 60,28 persen yoy.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) Erwin Noekman mengatakan, pertumbuhan dari sisi kontribusi terbilang cukup baik, meski pangsa pasar industri asuransi syariah masih kecil.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top