Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRI (BBRI) dan BNI (BBNI) Jalin Kerja Sama dengan Taspen Garap Dana Pensiun

Dua bank pelat merah, yakni BRI (BBRI) dan BNI (BBNI) menggarap dana pensiun melalui kerja sama dengan Taspen.
Ilustrasi ATM Himbara. /tv.bisnis.com
Ilustrasi ATM Himbara. /tv.bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BBNI dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BBRI menjalin kerja sama dengan PT Taspen (Persero). Kedua bank akan jadi mitra dalam memberikan jaminan hari tua kepada peserta Taspen. 

Terkait hal itu, Direktur Utama BNI Royke Tumilaar menyatakan untuk memudahkan peserta Taspen, kata Royke, BNI telah melengkapi seluruh pensiunan dengan kartu debit. Dengan demikian, nasabah yang telah melakukan autentikasi dapat mengambil uang pensiunannya di ATM BNI yang berjumlah 16.000 mesin.

Pengambilan tunai uang pensiun juga bisa dilakukan melalui 157.000 BNI Agen 46 yang tersebar di 6.000 kecamatan dan 31.000 kelurahan/desa di seluruh Indonesia.

Adapun, kartu debit yang dimiliki nasabah pensiunan Taspen juga berfungsi sebagai kartu pengganti Karip (Kartu Identitas Pensiun). Kartu bernama Taspen Smart Card itu berdesain khusus dengan mencantumkan nomor taspen atau notas para nasabah.

Royke menambahkan bahwa untuk meningkatkan kesejahteraan bagi peserta Taspen, BNI aktif menyalurkan Kredit Tanpa Agunan (KTA) kepada para calon pensiun ataupun pensiun peserta Taspen yang ingin lebih produktif di masa pensiun.

“Untuk mengawali peluang baru ini, BNI memberikan berbagai kemudahan dalam mengajukan pinjaman, antara lain suku bunga yang ringan, biaya kredit dan biaya asuransi yang kompetitif dengan jangka waktu hingga 15 tahun,” kata Royke, dalam keterangan tertulis pada Selasa (31/5/2022). 

Sementara itu, Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan melalui kerja sama ini, maka perusahaan akan menjadi mitra perbankan dalam pembayaran tabungan hari tua, pensiun, dan jaminan kecelakaan kerja, serta jaminan kematian melalui rekening bank.

Selain itu, Sunarso menuturkan melalui kerja sama ini, emiten bersandi saham BBRI ini juga memberikan kemudahan bagi nasabah dana pensiun Taspen dengan jangkauan BRI yang tersebar luas. 

Sebagai gambaran, BRI memiliki 8.993 kantor cabang yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Lebih lanjut, layanan dan operasional BRI juga ditopang oleh ketersediaan 221.531 e-channel, 552.709 AgenBRILink, dan dilengkapi layanan digital banking melalui super apps BRImo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper