Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv
Dari PNBN hingga Commonwealth Bank, Australia Gencar Lego Portofolionya di Indonesia Petugas menunjukkan uang rupiah dan dolar AS di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Jakarta, Senin (16/3/2020). - Bisnis/Arief Hermawan P.
Lihat Foto
Premium

Dari PNBN hingga Commonwealth Bank, Australia Gencar Lego Portofolionya di Indonesia

Sejumlah perusahaan perbankan Australia menaruh minat dan rencana untuk menjual portofolio banknya di Indonesia.
Yustinus Andri & Herdanang A. Fauzan
Yustinus Andri & Herdanang A. Fauzan - Bisnis.com
11 November 2022 | 18:00 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Sepanjang tahun ini sejumlah perusahaan perbankan asal Australia gencar dikabarkan ingin melego portofolionya di Indonesia. Tak hanya dalam bentuk portofolio investasi, perbankan asal Negeri Kanguru juga berencana menjual unit bisnisnya yang ada di Indonesia.

Sejauh ini terdapat dua nama perbankan Australia yang dikabarkan memiliki minat menjual portofolionya di Indonesia. Mereka adalah Australia and New Zealand Banking Group Ltd. (ANZ) dan Commonwealth Bank of Australia (CBA).

Adapun, seperti dilaporkan oleh Bloomberg, Jumat (11/11/2022), Commonwealth Bank of Australia dikabarkan tengah mempertimbangkan menjual unit usaha perbankannya di Indonesia. Hal itu diungkapkan oleh sejumlah sumber yang enggan disebutkan namanya.

Sumber itu mengatakan, aksi penjualan unit usaha Commonwealth Bank di Indonesia akan membantu salah satu bank terbesar di Australia untuk mendapatkan dana segar tambahan. Selain itu, langkah itu juga menjadi strategi perusahaan untuk  keluar dari pasar non-intinya.

Sejauh ini, manajemen CBA disebut-sebut sedang berkomunikasi dengan beberapa penasihat keuangan untuk meminta masukkan terkait dengan aksi korporasinya di Indonesia itu. CBA ingin melihat dan mengukur seberapa besar minat dari pasar untuk mengambil alih unitnya di Indonesia yakni PT Bank Commonwealth.

Diperkirakan, unit usaha CBA di Indonesia dapat bernilai ratusan juta dolar AS. Sementara itu, minat CBA melego unit banknya di Indonesia diperkirakan dapat menarik minat sejumlah pihak, lantaran besarnya potensi pasar di sektor perbankan Tanah Air.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana
Berlangganan Sekarang
back to top To top