Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deretan Bank yang Bangkrut Sepanjang Tahun 2023

Berikut adalah daftar bank yang dinyatakan bangkrut sepanjang tahun 2023.
Ilustrasi uang
Ilustrasi uang

Bisnis.com, SOLO - Sepanjang tahun 2023, tercatat sudah ada tiga bank yang bangkrut karena diterpa berbagai masalah, terbaru adalah PT BPR Indotama UKM Sulawesi. 

Seperti diketahui, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mencabut izin usaha PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang beralamat di Jalan A.P. Pettarani, Ruko Bisnis Center Blok B Nomor 17, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan tersebut.

Pengumuman pencabutan izin tersebut tertuang melalui Keputusan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor KEP-79/D.03/2023 bertanggal 15 November 2023.

Karena izin sudah dicabut, maka kantor PT BPR Indotama UKM Sulawesi telah secara resmi ditutup untuk umum dan segala kegiatan usahanya dihentikan.

Dua bank bangkrut sebelumnya

Sebelum PT BPR Indotama UKM Sulawesi, ada dua bank yang juga mengalami bangkrut.

Kedua bank yang bangkrut tersebut yaitu PT Bank Perkreditan Rakyat Bagong Inti Marga (BPR BIM) di Jawa Timur dan Perusahaan Umum Daerah Bank Perkreditan Rakyat Karya Remaja Indramayu (Perumda BPR KRI) di Indramayu, Jawa Barat.

Meski demikian, dana nasabah dari ketiga bank tersebut aman lantaran dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)

Pada kedua bank sebelumnya, Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan BPR BIM memiliki 2.907 nasabah dan simpanan Rp13,64 miliar.

Sementara soal PT BPR Indotama UKM Sulawesi, Sekretaris Lembaga LPS Dimas Yuliharto mengatakan dalam rangka pembayaran klaim penjaminan simpanan nasabah BPR Indotama UKM Sulawesi LPS akan memastikan simpanan nasabah dapat dibayar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“LPS akan melakukan rekonsiliasi dan verifikasi atas data simpanan dan informasi lainnya untuk menetapkan simpanan yang akan dibayar,” katanya berdasarkan keterangan tertulis yang dikutip, Senin (20/11/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper