Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI : Indonesia Masih Menarik Bagi Bank Asing

Bank Indonesia menilai keuntungan bank-bank nasional terbilang tinggi di antara negara Asia Tenggara lainnya sehingga menarik bank asing untuk membuka cabang di Tanah Air.
Bank Indonesia/Ilustrasi-Bisnis
Bank Indonesia/Ilustrasi-Bisnis
Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia menilai keuntungan bank-bank nasional terbilang tinggi di antara negara Asia Tenggara lainnya sehingga menarik bank asing untuk membuka cabang di Tanah Air.
 
Margin bunga bersih atau net interest margin (NIM) bank umum per Maret 2015 mencapai 5,3%. Tingkat NIM pada kuartal I/2015 tersebut lebih tinggi dibandingkan kuartal IV/2014 yang 4,23% dan kuartal I/2104 sebesar 4,28%.
 
Gubernur Bank Indonesia Agus D.W Martowardojo mengatakan margin Indonesia yamg bagus ini akan memberikan keuntungan besar dan menjadi suatu daya tarik bank asing untuk ekspansi di Indonesia.
 
"NIM di Asean hanya 2%-3%. Indonesia marginnya bagus, bagi bank-bank yang efisien, memberikan keuntungan besar, jadi daya tarik bank-bank asing ke Indonesia," ujarnya di Jakarta, Kamis (21/5/2015).,
 
Ditambah lagi, lanjutnya, Return on Assets (ROA) dan Return on Equity (ROE) di Indonesia juga terbilang tinggi jika dibandingkan negara ASEAN lain.
 
"ROA dan ROE Indonesia sekitar 2,76% dan 21,35%, jauh dari Malaysia ROA 1,1% sampai 1,8% dan untuk ROE 13% sampai 15%," kata Agus.
 
Hal tersebut juga membuat perbankan enggan untuk melakukan ekspansi ke luar negeri dan cenderung nyaman bermain di Indonesia.
 
Dia berharap agar perbankan Indonesia dapat berekspansi dan berkompetisi di kancah regional sebelum dimulainya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) agar perbankan nasional dapat mempersiapkan diri dari segi capabilitas dan kompetensi.
 
"Indonesia margin baik dibandingkan dengan negara tetangga. Namun, semakin dalam hubungan dalam MEA, tentu margin akan makin turun. Bila situasinya itu baru akan melakukan ekspansi menjadi tentu terlambat," tutur Agus.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper