Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TIPS WISATA: Tetap Aman Lakukan Transaksi Nontunai Saat Bepergian

Supaya rencana liburan Anda menjadi lebih sempurna, salah satu hal terpenting yang harus dilakukan sebelum pergi berlibur adalah mencari informasi
Ilustrasi/Lifehacker
Ilustrasi/Lifehacker

Bisnis.com, JAKarta- Supaya rencana liburan Anda menjadi lebih sempurna, salah satu hal terpenting yang harus dilakukan sebelum pergi berlibur adalah mencari informasitentang destinasi wisata yang anda tuju.

Namun demikian, liburan yang telah terencana sejak jauh-jauh hari dapat saja terganggu apabila Anda melupakan sejumlah persiapan, termasuk soal uang.

Berikut sejumlah tips yang dapat membantu menjaga uang yang Anda miliki agar tetap aman selama bewisata, seperti dikemukakan Master Card.

Pertama, memberitahukan pihak bank sebelum berwisata untuk mengaktifkan kartu debit atau kredit agar dapat digunakan di luar negeri, dan enon-aktifkan kembali untuk penggunaan di luar negeri saat kembali dari liburan.

Kedua, manfaatkan perlindungan yang ditawarkan oleh bank seperti menggunakan kartu debit ataupun kartu kredit sebagai ganti dari uang tunai saat melakukan pembelian. Dengan kebijakan zero-liability dan transaksi yang tercatat, Anda akan terlindungi dari transaksi pembayaran yang tidak sah.

Ketiga, periksa kembali catatan transaksi pembayaran Anda secara rutin selama Anda bepergian. Akseslah transaksi pembayaran melalui mobile application yang dimiliki oleh bank penerbit kartu Anda atau melalui internet browser pastikan hal tersebut Anda lakukan hanya melalui jaringan Wi-Fi pribadi!

Keempat, simpanlah nomor-nomor telepon penting, baik lokal dan internasional yang mudah dihubungi setiap saat. Ketika Anda harus melaporkan kehilangan atau pencurian, Anda tahu siapa yang harus dihubungi.

Kelima, pastikan tetap waspada untuk setiap aktivitas yang mencurigakan atau perangkat yang tidak biasa di mesin ATM sebelum memasukkan kartu Anda. Selain itu, jangan lupa untuk menutupi pin-pad dengan tangan Anda saat memasukkan kode pin ATM maupun informasi rahasia lainnya.

Terakhir untuk memastikan informasi yang Anda miliki tetap aman, gunakan password untuk melindungi ponsel, tablet serta laptop Anda saat  bepergian. Anda juga dapat mengatur setiap perangkat Anda untuk auto-lock setelah beberapa menit tidak digunakan. Hal tersebut dapat membantu untuk menjaga informasi transaksi pembayaran maupun informasi penting lain yang berada dalam perangkat Anda agar tetap aman dan terlindungi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper