Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WAJIB LAPOR KARTU KREDIT: Transaksi Turun, Pemerintah Cuek

Kendati ada fenomena penurunan transaksi dan penutupan kepemilikan kartu kredit, pemerintah berkukuh tidak akan merevisi beleid terkait wajib lapor data transaksi nasabah yang telah diundangkan pada 23 Maret 2016.
Ilustrasi/Lifehacker
Ilustrasi/Lifehacker

Binsis.com, JAKARTA – Kendati ada fenomena penurunan transaksi dan penutupan kepemilikan kartu kredit, pemerintah berkukuh tidak akan merevisi beleid terkait wajib lapor data transaksi nasabah yang telah diundangkan pada 23 Maret 2016.

Namun, Ditjen Pajak mengaku akan melakukan kajian terkait dengan dampak yang dimunculkan dari kebijakan ini. Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak (DJP) Mekar Satria Utama mengatakan kajian akan siap dilakukan jika kebijakan pemerintah memengaruhi ekonomi.

“Posisinya sekarang terus jalan dulu. Tapi kita akan tetap membuat kajian setidaknya enam bulan ke depan untuk melihat efeknya, temporer atau berlanjut,” katanya, Kamis (19/5/2016).

Secara legal, lanjutnya, aturan ini sah dan tidak menabrak aturan lainnya. Apalagi, dari hasil pembicaraan selama ini dengan seluruh stakeholder, kebijakan ini sangat realistis untuk dilakukan.

Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro mengatakan kebijakan yang diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan No. 39/PMK.03/2016 tidak melanggar aturan apapun. Apalagi, Ditjen Pajak hanya akan melihat dari sisi belanja masyarakat yang secara Undang-Undang Perbankan bukan sebuah kerahasiaan.

“Kenapa harus revisi, enggak ada yang salah dengan aturan itu. Kita hanya melihat dari sisi belanjanya mereka jadi ini merupakan sesuatu yang wajar,” ujarnya ketika ditemui di sela-sela rangkaian sidang tahunan ke-41 Islamic Development Bank (IDB), Selasa malam (17/5).

Dia berujar kebijakan ini muncul sebenarnya untuk keperluan data kepatuhan pembayaran pajak. Hal ini dikarenakan hingga saat ini akses terhadap perbankan masih sangat terbatas.

Seperti diketahui, dalam aturan tersbut, sebanyak 23 bank atau lembaga penyelenggara kartu kredit wajib menyampaikan data transaksi nasabah kartu kredit kepada Dirjen Pajak tiap bulannya paling lambat mulai 31 Mei 2016.

Data transaksi nasabah kartu kredit itu paling sedikit memuat nama bank, nomor rekening kartu kredit, ID merchant, nama, alamat, NIK/Nomor paspor, dan NPWP pemilik kartu, data rincian bulan tagihan, tanggal transaksi, rincian transaksi, nilai transaksi dalam rupiah, dan pagu kredit (limit kartu kredit).

Jika ada penurunan transaksi kartu kredit, Bambang meyakini kondisi ini hanya bersifat sementara dan akan kembali pulih. Hal ini dikarena berbelanja dengan kartu kredit akan lebih mudah dibandingkan dengan cash.

“Kalau nasabah selama ini melakukan transaksi kartu kreditnya tidak benar, misalkan mereka takut declare karena sebenarnya di atas income mereka yang dilaporkan ke pajak, menurut saya wajar saja [ada penurunan transaksi kartu kredit]," tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Direktur Utama PT Bank Central Asia Tbk. Jahja Setiaatmadja mengatakan aturan itu berdampak pada penutupan kartu kredit sebesar tiga kali lipat.

“Langsung saya monitor apa yang terjadi. Sejak peraturan itu berlaku, ada tiga kali lipat penutupan kartu kredit, mutasi harian dari Rp147 miliar per hari langsung turun menjadi Rp120 miliar,” ujar Jahja.

Kendati demikian, pihaknya menduga masih masih banyak yang belum terlalu paham dengan aturan tersebut dan terkena dampak hallo effect. Dia mengungkapkan fenomena tersebut tidak bisa disimpulkan akan terjadi terus-menerus.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper