Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semen Indonesia (SMGR) Tambah Saham di SKI

Korporasi semen milik negara, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk., membeli saham portepel perusahaan patungan PT Semen Kupang Indonesia sebesar Rp1,5 miliar atau setara 1.500 lembar saham pada pertengahan Oktober 2016.
Semen/Antara
Semen/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Korporasi semen milik negara, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk., membeli saham portepel perusahaan patungan PT Semen Kupang Indonesia sebesar Rp1,5 miliar atau setara 1.500 lembar saham pada pertengahan Oktober 2016.

Dengan pembelian saham itu, Semen Indonesia menjadi pemegang saham mayoritas di Semen Indonesia Kupang dengan porsi kepemilikan 66,67% atau setara 2.000 lembar saham, selain PT Semen Kupang (Persero) dengan porsi 33% dan KSU Kupang 0,33%.

“Atas transaksi tersebut masih dalam proses pengurusan ke Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia,” tulis manajemen perseroan dalam laporan keuangan kuartal III/2016 yang diterbitkan pada Jumat (28/10/2016).

Semen Kupang Indonesia belum dicatatkan sebagai entitas anak perusahaan emiten berkode saham SMGR tersebut. Pada saat ini, perusahaan memiliki saham di sejumlah perusahaan yang bergerak di sektor semen dan industri pendukungnya.

Berdasarkan catatan Bisnis, Semen Indonesia dan Semen Kupang telah menandatangani nota kesepahaman di Gedung Kementerian BUMN terkait pembangunan pabrik semen di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Pabrik itu nantinya akan dikelola oleh Semen Kupang Indonesia.

Nilai investasi pabrik itu diperkirakan mencapai Rp2 triliun dan kapasitas produksinya diharapkan dapat mencapai 1,5 juta ton per tahun. Semen yang akan diproduksi oleh perseroan tersebut rencananya bakal dipasarkan hingga ke Australia.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yodie Hardiyan
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper