Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penurunan Bunga Kredit: BTN Klaim Sudah Sesuai Dengan Acuan

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. mencatat telah menurunkan suku bunga kredit sesuai dengan penurunan suku bunga acuan. Hanya saja, penurunan bunga kredit tidak merata langsung dirasakan semua debitur, perseroan juga melihat profil risiko masing-masing debitur tersebut.

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. mencatat telah menurunkan suku bunga kredit sesuai dengan penurunan suku bunga acuan. Hanya saja, penurunan bunga kredit tidak merata langsung dirasakan semua debitur, perseroan juga melihat profil risiko masing-masing debitur tersebut.

Direktur Keuangan Bank Tabungan Negara Iman Nugroho Soeko mengatakan, perseroan telah menurunkan tingkat bunga kredit sesuai dengan perkembangan suku bunga acuan Bank Indonesia.

Dia pun memaparkan, kalau dilihat sampai September 2017, rasio margin bunga bersih atau net interest margin (NIM) perseroan sudah turun menjadi 4,49% dibandingkan dengan Desember 2016 yang sebesar 4,9%.

“Lalu, rata-rata yield kredit kami juga sudah berada di bawah 10% dibandingkan dengan tahun lalu yang masih berkisar 11%,” ujarnya kepada Bisnis pada Minggu (22/10).

Iman menyebutkan, untuk penurunan kredit pun tidak bisa serta merta merata pada semua segmen. Ada beberapa produk prioritas dalam penyaluran kredit seperti kredit pemilikan rumah (KPR) atau debitur Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Jadi, dengan begitu ada yang sudah menikmati bunga kredit rendah, tetapi juga ada yang masih tinggi. Hal itu kembali lagi kepada sisi risiko debiturnya juga,” sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Surya Rianto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper