Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kendali internal bank perlu diatur dalam PBI

JAKARTA: Bankir menilai penguatan pengendalian internal bank terhadap produk private banking perlu diatur dalam peraturan Bank Indonesia tentang wealth management yang saat ini masih dibahas. Wakil Direktur Utama PT Bank Central Asia Jahja Setiaatmadja

JAKARTA: Bankir menilai penguatan pengendalian internal bank terhadap produk private banking perlu diatur dalam peraturan Bank Indonesia tentang wealth management yang saat ini masih dibahas. Wakil Direktur Utama PT Bank Central Asia Jahja Setiaatmadja mengatakan sebenarnya aturan Bank Indonesia sudah cukup untuk mengatur produk wealth management perbankan. Meski demikian untuk menghindari terjadi pembobolan dana nasabah, menurutnya, penguatan kontrol internal bank perlu diatur lebih terperinci dalam peraturan tentang wealth management. Sebenarnya PBI itu meng-cover semua transaksi perbankan, termasuk wealth management, jadi kalau dirasa penting yah bisa aja, ujarnya hari ini.Dia menjelaskan untuk penguatan pengendalian internal, harus diatur secara terperinci tentang rotasi jabatan secara berkala dan penguatan fungsi middle office yang dipisahkan dari staf yang membawahi private banking. Menurut dia, penguatan middle office ini yang akan meminimalkan penyelewengan yang dilakukan oleh bankir yang membawahi private banking. Fungsi middle office, jelasnya adalah melakukan konfirmasi setiap transaksi private banking yang dilakukan oleh nasabah Sehingga kalau ada pelanggaran akan ketahuan pada level middle office dan akan dilaporkan keatasan sehingga dilakukan perbaikan, ujarnya. (luz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Sofi’I
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper