FITCH RATING beri peringkat CIMB NIAGA BBB

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 27 April 2012  |  10:50 WIB

 

JAKARTA: Fitch Ratings menetapkan peringkat utang jangka panjang dalam mata uang asing PT Bank CIMB Niaga Tbk pada level BBB dengan prospek stabil.
 
Selain itu, peringkat nasional jangka panjang Bank CIMB Niaga ditetapkan pada level AAA dengan prospek stabil. 
 
Analis Fitch Ratings Iwan Wisaksana menjelaskan hasil pemeringkatan Bank CIMB Niaga mencerminkan dukungan yang kuat dari perusahaan induknya CIMB Group yang memiliki CIMB Bank, yang memiliki peringkat BBB dengan prospek stabil. 
 
Bank CIMB Niaga adalah entitas perbankan terbesar kelima di Indonesia dari sisi aset, kredit, dan dana pihak ketiga. 
 
Adapun, CIMB Group merupakan kelompok usaha perbankan terbesar kedua di Malaysia yang mengendalikan 97,9% saham Bank CIMB Niaga. 
 
"Bank CIMB Niaga telah mengendalikan pertumbuhan kredit dan kualitas asetnya dengan bagus terbukti dengan rasio kredit bermasalah [non performing loan/NPL] yang di level 2,6% di bawah rata-rata industri yang sebesar 2,8%,"paparnya melalui riset yang dikirim tadi malam, 26 Desember 2012. 
 
Dia menilai dukungan permodalan dari perusahaan induk akan menjaga tingkat rasio kecukupan modal maupun mendukung pertumbuhan kredit. 
 
Bank CIMB Niaga pada triwulan I/2012 meraup laba unaudited Rp937 miliar, meningkat 29% dibandingkan dengan Rp728 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya. Peningkatan laba ditopang oleh lonjakan pendapatan operasional sebesar 30% menjadi Rp3,17 triliun dibandingkan dengan Rp2,45 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya. (spr)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : M. Munir Haikal

Editor : Kahfi

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top