Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BEI: Bank Nagari Mesti Segera Go-Public

Bisnis.com, PADANG - Menghadapi industri perbankan yang kian ketat, Kepala Bursa Efek Indonesia cabang Padang Reza Sadat Sahmeini menyarankan Bank Nagari mesti segera initial public offering (IPO) di lantai bursa, agar bisa menyerap dana publik untuk

Bisnis.com, PADANG - Menghadapi industri perbankan yang kian ketat, Kepala Bursa Efek Indonesia cabang Padang Reza Sadat Sahmeini menyarankan Bank Nagari mesti segera initial public offering (IPO) di lantai bursa, agar bisa menyerap dana publik untuk pengembangan bank.

"Di tengah bisnis perbankan yang ketat, Bank Nagari mesti IPO. Kalau tidak mereka akan kesulitan menghinpun dana untuk pengembangan bank," katanya Selasa (17/9/2013).

Dia mengatakan ekspansi perbankan umum sudah menembus masyarakat paling rendah yakni di tingkat kecamatan. "Jika Bank Nagari telat, pasar mereka yang ada di tingkat kecamatan itu, bisa kian tergerus dan berpindah ke bank lain," ujarnya.

Sebelum reformasi, kata Reza, Bank Nagari boleh berbangga karena mampu menjangkau seluruh daerah di Sumatera Barat. Namun, kenyamanan tersebut tidak berumur lama karena bank umum sudah ekspansi sampai pelosok daerah.

"Mau tidak mau mereka harus ikuti zaman. Bank DKI dan BJB bahkan sudah masuk ke provinsi lain, perkembangan mereka begitu pesat setelah IPO,” kata Reza.

Sebelumnya, isu Bank Nagari segera IPO sudah ramai dibicarakan. Namun menurut Reza karena khawatir saham Bank Nagari dimiliki asing, pemegang saham bank tersebut urung memberikan izin untuk IPO.

"IPO itu merupakan keharusan bagi perbankan jika ingin bersaing di era sekarang," ujar Reza. Namun dia menyarankan saham yang dilepas ke publik diprioritaskan bagi masyarakat Sumbar.

Pemerintah katanya, harus berani sosialisasi ke masyarakat untuk membeli saham Bank Nagari, sehingga saham bank tersebut tetap dimiliki oleh masyarakat Sumbar. (Heri Faisal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Writer
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper