Perusahaan Pembiayaan Sekuritas Menanti Restu OJK

Pendirian perusahaan securities financing yang akan menjadi anak usaha penyelenggara pasar modal (self regulatory organization) tengah menanti restu dari Otoritas Jasa Keuangan.
Novita Sari Simamora | 02 Oktober 2016 08:52 WIB
Ilustrasi

Bisnis.com, DENPASAR--Pendirian perusahaan securities financing yang akan menjadi anak usaha penyelenggara pasar modal (self regulatory organization)  tengah menanti restu dari Otoritas Jasa Keuangan.

Sekretaris Perusahaan PT Kliring Penjamin Efek Indonesia (KPEI) Suryadi mengungkapkan tujuan dari perusahaan securities financing untuk menyediaan sarana atau infrastruktur dalam kegiatan pembiayaan yang terkait dengan penerbitan, distribus dan semua tranaksi keuangan yang melibatkan surat berharga.

"[Securities company] akan berbentuk PT, dan ini akan menjadi anak usaha BEI, KPEI dan KSEI," ungkapnya, Jumat (30/9/2016).

Suryadi menuturkan pihaknya telah mengajukan izin ke OJK. Menurutnya, pembentukan securities financing ini akan mengacu pada Jepang dan Korea Selatan.

Dia mengungkapkan jenis layanan pembiayaan akan dilakukan secara bertahap dengan memberikan dukungan biaya atau pinjaman efek dalam rangka meningkatkan likuiditas dan aktivitas transaksi di pasar sekunder. Dia menuturkan KPEI bakal menjadi koordinator perusahaan pembiayaan sekuritas ini.

Tag : ojk, sekuritas
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top