Presiden Jokowi: Penting Manfaatkan Momentum Dalam Ambil Kebijakan

Pengambilan kebijakan sesuai dengan momentum merupakan hal yang penting dilakukan. Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2017, Selasa (28/11/2017), di Jakarta.
Saeno | 29 November 2017 00:39 WIB
Presiden Jokowi - Bisnis/Rahman

Bisnis.com, JAKARTA - Pengambilan kebijakan sesuai dengan momentum merupakan hal yang penting dilakukan.

Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2017, Selasa (28/11/2017), di Jakarta.

Menurut keterangan resmi Bank Indonesia di lamannya, Presiden menyebutkan saat ini, kita berada dalam situasi new normal. "Seiring hal tersebut, muncul berbagai model bisnis baru yang mengubah pola konsumsi, serta pergeseran seperti dari belanja ke wisata. Berbagai perubahan yang terjadi di dunia tersebut perlu menjadi pertimbangan dalam pembuatan kebijakan."

Pertemuan Tahunan Bank Indonesia diselenggarakan rutin setiap akhir tahun untuk menyampaikan pandangan Bank Indonesia mengenai kondisi perekonomian terkini, tantangan dan prospek ke depan, serta arah kebijakan Bank Indonesia.

Pertemuan dihadiri oleh Pimpinan Lembaga Negara, Menteri Kabinet Kerja, Gubernur Kepala Daerah, pimpinan perbankan dan korporasi nonbank, akademisi, pengamat ekonomi, serta perwakilan sejumlah lembaga internasional. Tema yang diangkat dalam PTBI 2017 adalah "Memperkuat Momentum".

Lebih jauh Presiden memaparkan berbagai momentum positif pada perekonomian Indonesia, yang harus diambil manfaatnya.

Menurut Presiden, Indonesia sejak 30 tahun terakhir telah banyak mengalami lompatan kemajuan dalam bidang ekonomi yang patut disyukuri.

Pertama kalinya dalam 20 tahun (sejak trahun 1997), Indonesia diberi status layak investasi oleh 3 lembaga rating.

Kemudahan berusaha juga meningkat dari peringkat 106 ke 72. Pariwisata meningkat, dengan jumlah turis asing bertambah 25%.

"Seluruhnya patut membawa optimisme bagi dunia usaha Indonesia, ujar Presiden.

Meskipun demikian, Presiden RI tetap mengingatkan pentingnya reformasi struktural dan pembenahan lainnya, seperti undang-undang yang berkualitas.

Sumber : bi.go.id

Tag : Presiden Joko Widodo
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top