Gagal Ginjal Komponen Pembiayaan Terbesar BPJS Kesehatan

Gagal ginjal kronis merupakan penyakit yang terus mengalami peningkatan dari segi jumlah dari tahun ke tahun di Indonesia.
Azizah Nur Alfi | 09 Maret 2018 06:12 WIB
Ginjal sehat - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA - Gagal ginjal kronis merupakan penyakit yang terus mengalami peningkatan dari segi jumlah dari tahun ke tahun di Indonesia.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono menyampaikan bahwa penyakit ginjal kronis menduduki peringkat ke-18 di dunia pada 2010 sebagai penyebab kematian, dari sebelumnya menduduki peringkat ke-27 pada tahun 1990.

Adapun, berdasakan Riset Kesehatan Dasar 2013, angka kejadian penyakit ginjal kronik sebanyak dua kasus per seribu penduduk, dengan prevalensi tertinggi berada di Sulawesi Tengah. Pada 2017, ada 10,80 juta kasus penyakit katastropik. Dari angka tersebut, ginjal merupakan komponen pembiayaan terbesar yang harus ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

"Untuk itu perlu peningkatan kualitas pelayanan dan upaya pencegahan mulai dari sekarang. Upaya-upaya pencegahan belum tersentuh secara ideal dalam tatanan regulatif, operasional, maupun keilmuan," katanya saat membuka Forum Diskusi Dialisis dalam rangka Hari Ginjal Sedunia 2018 yang diperingati pada Kamis (8/3/2018).

Tag : bpjs kesehatan
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top