Presiden Jokowi Hadiri Peluncuran Bank Wakaf Mikro di Pesantren An Nawawi

Presiden Joko Widodo direncanakan menghadiri peluncuran bank wakaf mikro di Pesantren An Nawawi Tanara di Serang, Banten, Rabu (14/3/2018).
Yodie Hardiyan | 14 Maret 2018 09:57 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) memberikan kuis kepada peserta dalam peresmian Bank Wakaf Mikro Al Fithrah Wava Mandiri di Pondok Pesantren As Salafi Al Fithrah, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (9/3/2018). - ANTARA/Umarul Faruq

Bisnis.com, SERANG — Presiden Joko Widodo direncanakan menghadiri peluncuran bank wakaf mikro di Pesantren An Nawawi Tanara di Serang, Banten, Rabu (14/3/2018).

Kehadiran Presiden dalam acara peluncuran bank wakaf mikro merupakan yang kali ketiga setelah meresmikan bank wakaf mikro di Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya, Jawa Timur pada Jumat (9/3/2018) dan Bank Wakaf Mikro KHAS Kempek Cirebon, Jawa Barat, pada Oktober 2017.

Bank wakaf mikro merupakan entitas yang berstatus sebagai lembaga keuangan mikro syariah yang diawasi oleh dan diberi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Lembaga ini tidak diperkenankan mengambil simpanan dari masyarakat karena memiliki fokus pemberdayaan masyarakat melalui pembiayaan disertai pendampingan usaha.

Skema pembiayaan melalui bank wakaf mikro adalah pembiayaan tanpa agunan dengan nilai maksimal Rp3 juta dan margin bagi hasil setara 3%.

Selain itu, dalam skema pembiayaan bank wakaf mikro juga disediakan pelatihan dan pendampingan serta pola pembiayaan yang dibuat per kelompok atau tanggung renteng.

Sampai awal Maret 2018, OJK telah memberikan izin usaha kepada 20 bank wakaf mikro di lingkungan pondok pesantren yang tersebar di Cirebon, Bandung, Ciamis, Serang, Lebak, Purwokerto, Cilacap, Kudus, Klaten, Yogyakarta, Surabaya, Jombang dan Kediri.

Tag : jokowi
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top