Spring Meeting IMF - The World Bank: Ini 3 Poin yang Akan Menjadi Sorotan

Setidaknya ada tiga poin yang ditekankan dalam agenda Spring Meeting IMF - The World Bank yang akan digelar 16 - 22 April 2018, yakni topik perdagangan, peningkatan kepercayaan dan teknologi.
David Eka Issetiabudi | 17 April 2018 07:45 WIB
Bank Dunia

Bisnis.com, WASHINGTON—Setidaknya ada tiga poin yang ditekankan dalam agenda Spring Meeting IMF - The World Bank yang akan digelar 16 - 22 April 2018, yakni topik perdagangan, peningkatan kepercayaan dan teknologi.

Sorotan terkait tiga poin tersebut, sudah digaungkan Managing Director International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde, sewaktu memberikan pidato di Universitas Hong Kong, Rabu (11/4/18).

Perang dagang yang terjadi antara Amerika Serikat dan China, secara tidak langsung menjadi topik bahasan. Lagarde menyebutkan momentum pertumbuhan yang ada saat ini, sebaiknya dimanfaatkan dengan melakukan aksi kebijakan dan reformasi, terutama di ketenagakerjaan dan sektor jasa.

Sayangnya, tidak bisa dipungkiri ada kekhawatiran utama terkait dampak negatif terhadap pertumbuhan lapangan kerja akibat ketegangan perdagangan.

"Bagaimana kita dapat mempertahankan peningkatan saat ini dalam keadaan risiko yang meningkat. Dan bagaimana kita dapat mendorong pertumbuhan jangka panjang yang menguntungkan semua pihak," tuturnya dalam pidato tersebut.

Dalam rangka mengusung pertumbuhan jangka panjang, salah satu prioritas bagi ekonomi global adalah menghindari proteksionisme. Kali ini, Lagarde mengandaikan proteksionisme sekilas terlihat indah, tetapi jika diperhatikan lebih lanjut, maka terlihat banyak cacat.

Terkait teknologi juga akan banyak disinggung dalam pertemuan musim semi kali ini. Dalam jadwal resmi Spring Meeting IMF - The World Bank 2018, topik seminar mengenai big data and machine learning untuk melihat ramalan makro ekonomi jangka pendek.

Selain itu, Lagarde sendiri rencananya akan menjadi moderator dalam satu sesi dengan topik Digitalization and the New Gilded Age.

Persoalan membangun kepercayaan, terlihat dari beberapa tema seminar yang dijadwalkan. Deputy Managing Director IMF Teo Zhang akan memberikan sambutan dalam seminar bertajuk membangun kepercayaan dan ketahanan.

Terakhir, sebagai menu penutup rangkaian spring meeting kali ini, Lagarde bersama dengan Menteri Keuangan Paraguay Lea Gimanez Duarte, dan Managing Direktur Transparency International Patricia Moreira duduk bersama dalam seminar bertajuk Restoring Trust by Curbing Corruption.

Spring Meeting IMF – The mempertemukan Dewan Gubernur Dana Moneter Internasional (IMF) dan Kelompok Bank Dunia (WBG) dengan para bankir sentral, menteri keuangan dan pembangunan, anggota parlemen, sektor swasta, perwakilan dari organisasi masyarakat serta akademisi.

Forum yang akan di buka dengan paparan World Economic Outlook ini, juga membahas isu-isu kepedulian global, termasuk prospek ekonomi dunia, pengentasan kemiskinan, pembangunan ekonomi, dan efektivitas bantuan.

Tag : imf
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top